Disbudporapar Banjar Gelar Sosialisasi Paket Wisata

Photo : Istimewa

KBRN, Martapura : Dalam rangka memotivasi pelaku usaha untuk meningkatkan prekonomian masyarakat, Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Banjar menggelar sosialisasi paket wisata.

Acara dibuka oleh Kepala DInas Haris Rifani didampingi sekretaris H. Muhammad Arsyad, kepala Bidang destinasi H. Irwan Jaya, Kepala Bidang Pemasaran Ba'diah, Kepala Bidang kebudayaan Tisnohadi Harimurti dan Kepala Bidang kepemudaan Noor Syawli Syahri

Kegiatan sosialiasi dilaksanakan bertujuan untuk memotivasi para pelaku usaha agar membentuk paket wisata sehingga bisa menambah penghasilan para pelaku usaha wisata. Diharapkan juga untuk memberdayakan masyarakat dilingkungan sekitar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Kementerian Parekraf menyiapkan dana kurang lebih Rp 1 triliun untuk peningkatan pariwisata di Kalimantan selatan. Dengan adanya bantuan dana tersebut diharapkan dapat meningkatkan pariwisata yang ada di Kalimantan Selatan khususnya di Kabupaten Banjar.

Kabid Penataan, Penaatan dan   Kapasitas Lingkungan Hidup Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kab. Banjar menyampaikan sebelum memulai mengurus perizinan berusaha, Pihak Pengusaha Pariwisata terlebih dahulu harus meminta Informasi Pola Ruang ke Dinas PUPR untuk mengetahui usaha tersebut telah sesuai dengan Pola Ruang;

Perizinan berusaha berbasis resiko ini dapat membantu usaha pariwisata, dimana selama ini dianggap rumit dan panjang proses perizinan.

Muhammad Risanta dari Transmedia group juga menyampaikan untuk  membuat paket wisata perlu memperhatikan beberapa hal yaitu :

1.       Ikuti tren pariwisata global

2.       Tentukan jenis paket wisata

3.       Bikin draft perjalanan wisata

4.       Menyusun jadwal perjalanan

5.       Menghitung harga paket wisata

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar