Waspadai PMK, DKP3 Balangan Gelar Rakor Lintas Sektoral

Photo : Istimewa

KBRN, Balangan : Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Balangan, melaksanakan rapat koordinasi kewaspadaan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) hewan ternak bersama lintas sektor terkait di Aula dinas setempat.

Rakor bertujuan untuk mengantisipasi PMK di Kabupaten Balangan, meskipun menurut surveilans sebaran virus masih belum ditemukan, akan tetapi tetap harus diwaspadai dan dilakukan berbagai pencegahan.

Dikatakan Kepala DKP3 Balangan, Tuhalus, berdasarkan hasil rakor disetujui bahwa memasukkan hewan ternak dari kabupaten yang terindikasi PMK harus disertai dengan Surat Keterangan Kesehatan Hewan dari asal ternak.

"Kita telah sepakat mudah-mudahan ini tetap ditaati oleh mereka meskipun kita baru terpenuhi 176 ekor karena hewan qurban yang seharusnya mungkin nanti berkisar sekitar 700 ekor," ujarnya.

Meski hewan ternak masih belum terpenuhi, para peternak bisa mengambil ketersediaannya di wilayah yang memang belum pernah terkena indikasi PMK.

Tuhalus mengimbau kepada masyarakat agar tidak panik dan tetap tenang terhadap penyakit PMK. Karena penyakit tersebut tidak menular ke manusia dan jangan sampai ada keraguan untuk mengonsumsi daging.

Terakhir, ia menambahkan bagi peternak yang akan mengantarkan hewan ternak antar kecamatan cukup dengan surat keterangan dari kepala desa saja. Sedangkan pengantaran antar kabupaten tetap diberlakukan dengan melampirkan Surat Keterangan Kesehatan Hewan.

Sementara itu, dalam paparannya Drh. Dewa Ayu Putu Asrinadi, menyampaikan bahwa penyebab penularan PMK ini bisa melalui kontak langsung, tidak langsung serta udara. Sehingga perlu dihentikan dengan metode Disposal dan Dekontaminasi.

"Penyakit PMK tidak menular asalkan dalam pengolahan daging itu benar-benar dimasak sesuai dengan aturannya," tuturnya.

Kabid Peternakan Kabupaten Balangan, Mahrita mengungkapkan terima kasih atas dukungan dari semua pihak dalam pencegahan masuknya virus PMK.

"Dengan adanya kerja sama yang baik, pembentukan tim tingkat kabupaten yang berjalan dengan baik dan kegiatan yang sudah kita laksanakan selama ini mudah-mudahan dapat menangkal ataupun mencegah masuknya virus PMK di Kabupaten Balangan," ungkap Mahrita.

Dalam pertemuan tersebut, secara khusus, Kabag Ops Polres Balangan, Sony F.L. Gaol menyatakan siap mendukung dan membantu upaya pemerintah daerah dalam pencegahan wabah PMK di wilayah Balangan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar