Wagub Disambut Tilah Bambu di Perayaan Hari Jadi HSS

Istimewa

KBRN, Kandangan : Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Muhidin Disambut Tilah Bambu  di momen perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Hulu Sungai Selatan (HSS), Jumat (3/12/2021), di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan.

Lanting yang dimaksud bukan mengarungi sungai, melainkan diarak di tengah lapangan oleh para penari.

Rakit bambu tersebut merupakan bagian dari pertunjukan Tari Tilah Paring, atraksi kesenian yang sempat meraih juara di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

Wakil Gubernur Muhidin dan Bupati HSS Achmad Fikry dipersilakan menaiki lanting, sebagai bentuk penghormatan terhadap puncak perayaan HUT ke-71 HSS.

Diketahui, lanting atau rakit bambu identik dengan destinasi wisata Loksado di HSS. Populer dengan bamboo rafting-nya, Loksado kerap menjadi incaran para wisatawan.

Wakil Gubernur Muhidin menghadiri Hari Jadi HSS bersama istri, Fathul Jannah Muhidin. Turut mengiringi, Bupati dan Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan serta alim ulama.

Muhidin dalam sambutannya membeberkan, kebetulan pekan lalu ia meluncurkan Kalender Pariwisata Kalimantan Selatan di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Salah satu yang dipromosikan ialah objek wisata Loksado.

“Ulun memperkenalkan wisata Loksado, yaitu belanting. Ini luar biasa. Banyak wisata arung jeram, tetapi tidak ada yang dengan uniknya menggunakan paring (bambu),” ujarnya.

Adapun peringatan Hari Jadi HSS kali ini digelar di tempat terbuka dengan menerapkan protokol kesehatan, serta berlangsung secara virtual.

“Kesederhanaan tidak mengurangi makna peringatan. Justru kesederhanaan mencerminkan kedewasaan kita dalam merespons setiap keadaan yang terjadi di banua,” kata Muhidin, membacakan sambutan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

“Dalam perjalanan ini, kiranya Hulu Sungai Selatan makin tangguh dalam menghadapi persoalan daerah sekaligus mampu memanfaatkan potensi dan peluang daerah baik di sektor ekonomi, pendidikan, dan pembangunan lainnya.”

Terpisah, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor memberikan ucapan selamat melalui video berdurasi singkat.

“Mari kita kembali bangkit dan tangguh meski pandemi belum usai. Dengan semangat dan disiplin protokol kesehatan, pemerintah bersama rakyat dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di sektor pertanian, pariwisata, dan ekonomi kreatif,” tutur Sahbirin Noor.

Sementara itu, Bupati HSS Achmad Fikry memaparkan beberapa pencapaian daerah yang dipimpinnya selama beberapa tahun belakangan.

“Di antaranya penurunan angka kemiskinan, pengangguran terbuka yang mengecil, Opini WBK yang delapan kali kita terima Wajar Tanpa Pengecualian, nilai SAKIP kita juga semakin baik,” terangnya.

Ia juga menyebutkan Visi RPJMD Hulu Sungai Selatan, yakni cerdas, inovatif, teknologis, dan agamis untuk mewujudkan kesejahteraan dunia akhirat.

“Tagline Banua Rakat Banua Babarkah mengandung makna bahwa keberhasilan pembangunan di Hulu Sungai Selatan adalah berkat pelaksanaan program yang terintegrasi pada semua sektor, dan didukung oleh semua pemangku kepentingan dalam menyelesaikan permasalahan pembangunan yang hasilnya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat,” terangnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar