Dinas PUPR Banjarmasin Waspadai Kiriman Banjir Tetangga

KBRN,Banjarmasin : Hujan deras dengan intensitas tinggi masih terjadi disejumlah wilayah di Kalimantan Selatan termasuk di Banjarmasin.

Debit air sungai Martapura pun diprediksi akan kembali tinggi dalam beberapa hari ke depan. 

Kabid Sungai Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarmasin Hizbul Wathony saat dialog bersama RRI mengatakan, normalnya memang pasang air sungai sekitar 2,1 - 2,2 meter. Jadi kalau lebih dari itu akan terjadi banjir rob.

"Kita sudah turun kelapangan dan bertanya langsung dengan masyarakat yang berada di Banjarmasin Selatan dan mereka menyatakan pasang surut sungai sudah biasa,"katanya.

Namun yang kita waspadai adalah banjir kiriman dari daerah tetangga seperti Kabupaten Banjar. 

"Banjarmasin Timur dan sebagian Utara adalah yang terdampak karena kiriman dari tetangga. sementara wilayah Barat dan Selatan relatif aman,"jelasnya.

Thony menerangkan, banjir yang terjadi di Hulu Sungai tidak akan berpengaruh dengan kondisi di Banjarmasin. Karena dampak akan terjadi di Sungai Barito.

Dinas PUPR Banjarmasin juga sudah berupaya melakukan berbagai cara seperti revitaliasi sungai dan pembersihan drainase.

"Mudah-mudahan apa yang kita lakukan  bisa mebuahkan hasil dan kalau pun banjir durasinya tidak lama. Gagap juga kita karena baru pertama banjir seperti itu,"tutupnya.  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar