Pemkab Tala Serahkan Bantuan Korban Abrasi di Desa Muara Kintap

Istimewa

KBRN, Pelaihari : encana abrasi yang terjadi beberapa waktu lalu menyebabkan beberapa rumah warga pesisir pantai di Desa Muara Kintap Kecamatan Kintap mengalami kerusakan. 

Hal ini menjadi perhatian khusus bagi Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Pemkab Tala), secara langsung Bupati Tala H. M. Sukamta didampingi Plt. Kepala Dinas Sosial Tala Hairul Rijal dan Camat Kintap Eko Trianto menyerahkan bantuan sosial kepada korban bencana abrasi di depan Kantor Desa Muara Kintap Kecamatan Kintap.

Sebanyak 17 keluarga yang terdampak abrasi dan mengalami kerusakan pada rumahnya mendapat bantuan dana masing -masing mulai dari dua juta lima ratus ribu rupiah sampai dengan sepuluh juta rupiah tergantung seberapa parah kerusakan rumah.

Bupati Tala H. M. Sukamta menyampaikan bahwa bantuan yang diserahkan sebagai bentuk kepedulian jajaran Pemkab Tala kepada setiap warga yang terdampak bencana.

“Hari ini kita antarkan secara langsung bantuan dari Pemkab Tala untuk warga yang dulunya terdampak  dan mengalami kerusakan rumah saat bencana gelombang pasang, kita gunakan anggaran belanja tidak terduga untuk membantu mereka,” kata bupati.

Salah satu penerima bantuan ialah Rusmina, ia mengakui rumah yang biasa ia dan keluarga tinggali mengalami kerusakan pada dinding hingga berlobang akibat arus deras air. Ia menyampaikan rasa syukur dan bahagia setelah menerima bantuan dari Pemkab Tala. Ia juga berharap dalam waktu dekat akan dilakukan penyiringan pada pantai di desanya. 

“Alhamdulillah hari ini mendapat bantuan, kami mengucapkan terimakasih kepada Bupati Tanah Laut. Kami berharap ada penyiringan kembali pada pantai kami,” kata Rusmina.

Pada kesempatan hari ini, Bupati Tala H. M. Sukamta didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Petanahan Tala Agus Sektyaji juga melakukan monitoring pengerjaan proyek yang berkaitan dengan bidang bina marga. 

Adapun pengerjaan proyek yang ditinjau yaitu pengerjaan perbaikan jalan di Desa Sumber Jaya, Desa Bukit Mulia, dan Desa Mekarsari di Kecamatan Kintap yang sebelumnya mengalami kerusakan cukup parah.

Selanjutnya Sukamta melakukan peninjauan pengerjaan proyek pembuatan jalan elak akses menuju Pelabuhan Pelaihari di Kecamatan Jorong. Pembuatan jalan elak ini bertujuan supaya kedepannya akses menuju Pelabuhan Pelaihari tidak lagi menggunakan jalan di Desa Swarangan.

Usai meninjau pengerjaan proyek pembuatan jalan akses pelabuhan, Sukamta kemudian meninjau proyek perbaikan jembatan Bawah Sawo di Desa Jorong Kecamatan Jorong.

Diakui Sukamta secara keseluruhan pengerjaan proyek bidang bina marga yang ia tinjau berjalan dengan baik. Ia berharap semua pengerjaan proyek bisa diselesaikan tepat waktu.

“Saya lihat progresnya sangat bagus, perbaikan jalan itu tinggal pengaspalan. Untuk jembatan kita masih menunggu girdernya, saat ini sudah diperjalanan. Jadi kita yakin insyaallah nanti pembangunan jembatan di Desa Jorong ini akan selesai tepat waktu,” harap bupati. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00