Peran Suami Sangat Penting Untuk Menekan Stunting

Istimewa

KBRN, Tanjung : Peningkatan kapasitas kader dalam pentingnya peran suami untuk Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) pada gempur stunting tingkat kabupaten Tabalong tahun 2021 dimaksudkan untuk mendapatkan dukungan keluarga, khususnya suami juga masyarakat dalam pemenuhan hak ibu dan anak pada pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak terutama pada masa 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

Hal itu disampaikan, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong, Rapolo Manik dalam laporannya pada kegiatan peningkatan kapasitas kader dalam pentingnya peran suami tingkat kabupaten Tabalong tahun 2021, Senin (21/06/2021) yang diselenggarakan di Gedung Saraba Kawa Tanjung.

Dalam kegiatan ini melibatkan 52 orang kader kesehatan desa dan kelurahan lokus stunting, dan TP PKK kabupaten Tabalong.

Ravolo Manik menguraikan, kesehatan merupakan investasi untuk mendukung pembangunan ekonomi serta memiliki peran penting dalam upaya penanggulangan kemiskinan.

Pembangunan kesehatan harus dipandang sebagai satu investasi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

“Dalam pengukuran indeks pembangunan manusia, kesehatan adalah salah satu komponen utama selain pendidikan dan pendapatan,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Tabalong, H A Muthalib Sangadji saat membuka secara resmi kegiatan ini juga menyampaikan materi tentang betapa pentingnya menjaga kesehatan ibu dan anak.

Dijelaskannya, bahwa peran seorang suami harus bisa benar-benar memperhatikan dan memberikan dukungan dalam memberikan pelayanan kesehatan ibu dan anak, bahkan pada saat kehamilan dan kesiapan ibu hamil dalam menghadapi proses persalinan.

“Jadi, yang namanya hidup kita harus memikul beban, baik laki-laki maupun bagi perempuan. Bagi seorang suami adalah yang memikul beban tanggung jawab terhadap istri dan anak termasuk untuk menciptakan kualitas hidup anak," ungkapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00