Lapas Banjarbaru Buka Kembali Layanan Kunjungan Tatap Muka Secara Terbatas

Salah seorang warga Binaan Lapas Banjarbaru akhirnya bisa melepas rindu dengan keluarga

KBRN, Banjarmasin: Kerinduan Warga Binaan untuk bertemu dengan keluarga akhirnya terlepaskan. Kini, layanan kunjungan tatap muka di Lapas Kelas IIB Banjarbaru telah dibuka kembali secara terbatas pasca pandemi covid-19 sejak Rabu (6/7/2022). 

Kalapas Kelas IIB Banjarbaru, Amico Balalembang mengatakan, kunjungan tatap muka ini diselenggarakan dengan ketentuan yang harus dipenuhi oleh pengunjung sesuai dengan surat edaran Dirjenpas.

“pengunjung merupakan keluarga inti, dan wajib vaksin ketiga (booster). Pengunjung yang tidak dapat vaksin karena alasan kesehatan, artinya harus menunjukkan surat keterangan dari Dokter Instansi Pemerintah," jelasnya.

Orang nomor satu di Lapas Banjarbaru itu menerangkan bahwa setiap warga binaan hanya boleh dikunjungi satu kali dalam seminggu dan setiap pertemuan maksimal 15 menit. Kunjungan terbagi menjadi dua sesi perhari, dimulai pukul 09.00 hingga 12.00 WITA, dilanjutkan pukul 14.00 sampai 15.00 WITA. Khusus bagi kunjungan tahanan, harus ada izin dari pihak yang menahan. 

“Hari Senin hingga Kamis, kita jadwalkan untuk pengunjung narapidana. Sedangkan pada Sabtu, khusus bagi pengunjung tahanan. Hari Jum'at dan minggu, kunjungan kita tiadakan. Sementara, untuk menghindari penumpukan pengunjung, perhari kita batasi untuk dua blok saja," ungkapnya

Lebih lanjut dikatakan Amico, walaupun layanan kunjungan tatap muka telah resmi dibuka kembali, Lapas Kelas II B Banjarbaru tetap membuka layanan titip makanan dan layanan kunjungan virtual melalui video call.

"Untuk narapidana/tahanan dan pengunjung yang belum memenuhi syarat kunjungan, salah satunya belum pernah vaksin, tetap bisa bertemu melalui layanan video call yang kita sediakan setiap hari. Kita juga masih membuka layanan titipan makanan, bagi pengunjung yang hanya ingin menitipkan makanan saja," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar