Kunjungan Warga Binaan Lapas Banjarmasin Kembali Dibuka

Warga Binaan Lapas Kelas IIA Banjarmasin menerima kunjungan dari keluarga

KBRN, Banjarmasin: Sempat ditiadakan akibat pandemi Covid-19, kunjungan tatap muka terhadap warga binaan di Lembaga pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banjarmasin akhirnya dibuka kembali.

Ketentuan itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor: PAS-12.HH.01.02 Tahun 2022, Tentang Penyesuaian Mekanisme Terhadap Layanan Kunjungan Secara Tatap Muka dan Pembinaan yang Melibatkan Pihak Luar sebagai dasar pelaksanaan layanan kunjungan.

Sejak hari pertama kebijakan ini diberlakukan, ada puluhan warga binaan yang menerima kunjungan tatap muka dari sanak keluarganya. Salah satunya Aditya Chandra, Warga Binaan Lapas Kelas IIA Banjarmasin yang menerima kunjungan dari Istrinya.

"Saya merasa senang akhirnya bisa dikunjungi. Selama kurang lebih empat bulan berada di Lapas, sudah sangat merindukan keluarga. Namun sayang, waktu yang diberikan hanya sekitar 15 menit. Mudahan waktunya kunjungannya bisa ditambah lagi," harapnya. 

Hal senada juga diharapkan Norliani, pengunjung warga binaan di Lapas Kelas IIA Banjarmasin. Wanita 31 tahun itu mengharapkan, agar waktu kunjungan tatap muka bisa lebih lama.

"Waktunya masih kurang. Semoga bisa diperpanjang," ungkapnya.

Meski demikian, Ia tak bisa menutup rasa harunya, karena bisa kembali membesuk keluarganya. Ia pun lantas memberikan pesan kepada keluarganya yang sedang menjalani pembinaan, agar bisa menjaga kesehatan dan berkelakuan baik.

"Bahagia bisa menjenguk lagi. Sekitar setahun sudah tidak bisa bertemu," tuturnya.

Sementara itu, Kasubsi Registrasi Lapas Kelas IIA Banjarmasin, Fitriyadi Sukma menjelaskan, aturan dan ketentuan pengunjung. Ia mengakui, bahwa kunjungan tatap muka kali ini berbeda saat sebelum pandemi Covid-19 melanda.

"Ada pembatasan. Pengunjung hanya keluarga inti dan sudah vaksin ketiga, dan maksimal tiga orang. Kalau belum vaksin tiga wajib menunjukan surat rapid test negatif," jelasnya.

Ia menerangkan, di hari pertama layanan tatap muka dibuka, tercatat ada 38 warga binaan yang mendapat kunjungan dari sanak keluarganya.

"Hari ini khusus untuk warga binaan di Blok A dan C. Durasi tamu maksimal 15 menit. Kalau sebelum pandemi 30 menit," pungkasnya.

Disinggung waktu kunjungan dirasa singkat, Ia menerangkan bahwa hal itu sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Sementara berdasarkan SE itu. Namun seiring berjalan waktu mungkin ada penyesuaian lagi," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar