Wakapolda Berikan Arahan Guna Pertahankan WTP

Wakapolda Kalsel

KBRN, Banjarmasin : Guna mempertahankan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) yang telah diraih sebanyak enam kali berturut-turut, Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) memberikan arahan kepada anggota khususnya pada fungsi keuangan.

Arahan tersebut diberikan langsung oleh Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono, S.I.K., M.Si. bertempat di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri Polda Kalsel, Banjarmasin.

Ucapan terimakasih pun disampaikan Wakapolda Kalsel atas pencapaian opini penilaian WTP dari BPK-RI selama enam tahun terakhir secara berturut-turut. “Saya atas nama pimpinan Polri memberikan penghargaan dan apresiasi kepada para anggota khususnya Operator SIMAK BMN dan Operator SAIBA yang telah bekerja keras, cerdas, ikhlas dan tuntas sehingga opini WTP tersebut dapat dipertahankan. 

Opini WTP merupakan suatu prestasi tertinggi dalam penilaian atas laporan Keuangan di lingkungan Kementerian Negara/Lembaga. Oleh karena itu kita patut bersyukur atas prestasi yang kita capai tersebut,” ujar Wakapolda.

Dalam arahannya, Wakapolda Kalsel menyampaikan kegiatan ini sebagai bentuk menyamakan persepsi dalam Pengelolaan Aset Barang Milik Negara (BMN) dan Pengelolaan Anggaran dilingkungan Polda Kalsel TA.2022.

Selain itu, sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, Polri khususnya Polda Kalimantan Selatan tidak terlepas dari bahan, barang dan anggaran dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Untuk itu kegiatan ini sangatlah penting agar terjalinnya komunikasi yang baik antar pimpinan dan bawahan dalam pelaksanaan dan penggunaan anggaran.

Dikatakannya, dalam rangka meningkatkan kualitas laporan keuangan Polda Kalsel terdapat beberapa hal yang perlu dapat perhatian. Selain itu, Wakapolda juga mengajak para Pejabat pengeban fungsi Logistik dan Keuangan di Satker Jajaran Polda Kalsel untuk saling berkoordinasi dan berupaya seoptimal mungkin mencari solusi dalam mengatasi setiap permasalahan.

“Kita wajib membekali kemampuan kita dengan pengetahuan teknologi informatika yang terkini. Sehingga kita dapat mengikuti setiap gerak kemajuan yang dilakukan oleh Kemenkeu RI,” jelasnya.

Kegiatan yang digelar oleh Bidang Keuangan Polda Kalsel ini dihadiri beberapa Pejabat Utama Polda Kalsel diantaranya Irwasda, Karo Rena, Karo Ops, Dir Intelkam, Kabid Keu, Kabid Propam Polda Kalsel, para Kabag, Kasubbag Renmin, Kaur Keu, Kasi Keu, dan para Operator SIMAK Jajaran Polda Kalsel.

Adapun tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk melihat sejauh mana hasil pelaksanaan anggaran dari seluruh Satker sejajaran Polda Kalsel sehingga dapat meminimalisir kesalahan pelaporan keuangan dalam mempertahankan dan meraih opini WTP dari BPK RI yang ke 7 (Tujuh) kalinya atas laporan keuangan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar