Polda Kalsel Atensi Personil Penyidik Bekerja Profesional

KBRN, Banjarmasin : Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum memberikan arahan serta evaluasi terhadap Personil Penyidik, di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri Polda Kalsel, Senin (24/1/2022).

Saat itu, Kapolda juga turut di dampingi Wakapolda Kalimantan Selatan Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono, S.I.K., M.Si.

Dikesempatan itu, Irjen Pol Rikwanto pemberian arahan sebagai bentuk pengawasan dan antisipasi. Agar Penyidik selalu mengedepankan bekerja secara professional.

“Pimpinan tidak lelah dan bosan untuk selalu mengingatkan kepada jajaran Penyidik, kepada personil yang bertugas pada fungsi Reserse. Dengan memiliki kewenangan yang besar dalam penyidikan harus benar benar professional dan sesuai prosedur,” kata Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum.

Kapolda pun menegaskan, kewenangan yang dimiliki para Penyidik bukan untuk main - main dan wajib digunakan semata-mata untuk kepentingan masyarakat.

“Oleh karena itu para Penyidik jangan meninggalkan kemampuan Penyidik dan Penyelidikan tradisional, sehingga apabila peralatan canggih seperti tidak ada sinyal, kita tetap mampu melakukan penyelidikan,” ungkapnya.

Sementara Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono, S.I.K., M.Si. menambahkan, para Penyidik Jajaran Polda Kalsel dapat menyusun rencana kedepan dengan fokus untuk menangani akar masalah dan penyelesaian yang preemtif, preventif, dan penegakan hukum.

Tugas Reserse katanya,  adalah tugas yang sangat mulia, terlebih dalam menetapkan status tersangka terhadap seseorang karena akan mengubah secara total hidup orang tersebut.

"Sehingga rekan - rekan harus berhati - hati dalam menangani sebuah kasus. Laksanakan tugas dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab tanpa mengharapkan imbalan serta memberikan hasil yang terbaik dari setiap tugas yang dijalankan,” ujar Wakapolda Kalsel.

"Jangan memanfaatkan kedudukan dan posisi yang anda miliki untuk mencari keuntungan untuk anda,” tambahnya.

Dalam pengarahan itu turut hadir Karo SDM Polda Kalsel, Dir Reskrimum Polda Kalsel, Dir Reskrimsus Polda Kalsel, Kabid Propam Polda Kalsel, Wadir Resnarkoba Polda Kalsel, para Kasat Reskrim dan Kasat Resnarkoba Jajaran Polda Kalsel, serta para Penyidik Jajaran Polda Kalsel.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar