Kadivyankumham Kalsel Berikan Pemahaman HKI dan Dorong Pendaftaran KI Komunal di Fakultas Kehutanan ULM

Istimewa

KBRN, Banjarmasin: Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Yankumham) Kanwil Kemenkumham Kalsel, Ngatirah, kian gencar memberikan pemahaman mengenai Hak Kekayaan Intelektual (HKI). 

Kali ini Ngatirah berkesempatan menjadi narasumber pada kegiatan workshop bertema Pengajuan Hak Kekayaan Intelektual yang digelar oleh Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) bertempat di Ruang Sidang Fakultas Kehutanan. 

Kegiatan ini digelar secara hybrid offline dan online melalui aplikasi video conference Zoom Meeting. Peserta yang mengikuti kegiatan workshop ini adalah tenaga pengajar pada Fakultas Kehutanan. 

“Ada sekian banyak hasil penelitian yang dilakukan dari program Dosen Meneliti dan Dosen Mengabdi, adapula penulisan buku khususnya buku ajar yang ditulis oleh dosen kita belum ditindaklanjuti dalam bentuk Kekayaan Intelektualnya. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pencerahan kepada kita semua terkait bagaimana prosedur dan administrasi pengusulan HKI," Kata Wakil Dekan 1 yang mewakili Dekan Fakultas Kehutanan. 

Kegiatan ini mengundang Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Ngatirah sebagai narasumber untuk memberikan paparan mengenai Hak Kekayaan Intelektual secara umum. Selain itu, Ngatirah juga memberikan pemahaman terkait Kekayaan Intelektual Komunal sebagai bentuk dorongan agar Fakultas Kehutanan ULM berkontribusi dalam peningkatan pendaftaran Kekayaan Intelektual Komunal. 

“Di Kalimantan Selatan ini terdapat Kayu Ulin yang sedemikian khasnya, tetapi belum didaftarkan Kekayaan Intelektual Komunalnya sebagai Indikasi Geografis. Mohon dukungan dari Fakultas Kehutanan supaya ada peningkatan pendaftaran khususnya di Sumber Daya Genetik dan Indikasi Geografis," ucap Ngatirah. 

Hal ini disambut baik oleh Peserta yang hadir pada kegiatan workshop tersebut. Dengan semangat peserta menanyakan bagaimana peran dan kontribusi mereka kedepannya dalam proses pendaftaran Kekayaan Intelektual Komunal. 

Fakultas Kehutanan juga siap mengirimkan perwakilan yang nantinya akan masuk ke dalam Forum Penggiat Kekayaan Intelektual sebagai wujud dukungan dari pihak akademisi atas program Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan di bawah kepemimpinan Tejo Harwanto sebagai Kepala Kantor Wilayah Kemenkunhan Kalsel saat ini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar