Polres Kotabaru Geledah Kantor Jasa Penagihan Pinjol Illegal

Istimewa

KBRN, Kotabaru : Sebuah jasa penagihan online berkantor di Desa Semayap, Pulau Luat Utara, Kotabaru, digeledah kepolisian Kotabaru.

“Sebelumnya kita ada laporan aktivitas pinjaman online ilegal, sehingga kita tindaklanjuti,” kata Kapolres Kotabaru AKBP Gafur Siregar saat jumpa pers, Selasa (19/10/2021), sore di Mapolres Kotabaru.

Beberapa barang bukti dari kantor teesebut seperti handpone dan laptop diamankan.

“Hasil penyelidikan sementara perusahaan tersebut bukan pinjaman online. Namun perusahaan tersebut bekerja sama dengan beberapa perusahaan pinjaman online yang memiliki aplikasi-aplikasi yang bisa diunduh di playstore,” katanya.

Awalnya kata Kapolres masyarakat ini menerima pengajuan pinjaman redit dengan syarat-syarat mudah. Kemudian mereka yang tergiur memasukkan beberapa persyaratan diantaranya KTP dan nomor HP yang bisa dihubungi, berikut nomor telp kerabat terdekat.

Seiring waktu berjalan usaha pinjam meminjam ini ada yang lancar dan ada yang macet.

“Nah pinjaman online yang macet ini tadi melakukan kerjasama dengan pihak ketiga, yaitu PT yang berada di Desa Semayap tadi yang sudah beroperasi sekitar dua bulan,” kata dia

Kemudian cara mereka melakukan penagihan dengan berbagai macam, mulai dari cara yang baik dan ada yang sedikit ancaman.

Kemudian ada yang dengan cara mentransfer atau mendistribusikan data pribadi peminjam kepada orang lain tanpa ada izin dari orang tersebut yang berhak.

“Sejauh ini sekitar 40 lebih sudah kita lakukan pemeriksaan, diantaranya para pekerja dan satu orang warga asing turut diamankan,” katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00