Kapolda Kalsel : Kedepankan Tindakan Humanis Dalam Operasi Patuh Intan 2021

Istimewa

KBRN, Banjarmasin : Sejumlah personel Kepolisian Lalu Lintas (Polantas) mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Intan Tahun 2021 di Lapangan Utama Polda Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin (20/9/2021) pagi.

Apel tersebut sekaligus menandai dimulainya Operasi Patuh Intan 2021 yang berlangsung selama 14 hari dimulai 20 September sampai 3 Oktober 2021 mendatang.

Personel gabungan dari unsur TNI, Polri, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan dikerahkan dalam operasi yang bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat berlalu lintas di masa Pandemi Covid-19 saat ini.

Untuk itu, Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum. dalam sambutannya yang dibacakan oleh Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel Kombes Pol Maesa Soegriwo, S.I.K. selaku Inspektur upacara (Irup) menegaskan bahwa Operasi Patuh Intan kali ini berorientasi terhadap kegiatan menekan meningkatnya penyebaran Covid-19.

Dalam Operasi Patuh Intan 2021 ini, para personel pun dihimbau agar dalam bertindak dilapangan 100 persen dilaksanakan secara preemtif, preventif, dan persuasif humanis dengan mengedepankan program Penanggulangan Covid-19 yang dilaksanakan oleh Pemerintah.

Agar mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, Operasi Patuh Intan kali ini dilaksanakan tanpa tindakan represif tapi mengutamakan tindakan preemtif berupa kegiatan edukasi protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas kepada masyarakat seperti kegiatan Bakti Sosial, Pembagian masker, Pemasangan stiker serta memberikan pendidikan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang protokol kesehatan dan cara aman berlalu lintas yang benar dengan mengedepankan tindakan yang humanis 5 S (Senyum Sapa Salam Sopan Santun).

Melalui Operasi Patuh Intan ini, Kapolda Kalsel pun berharap Terwujudnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, Turunnya angka kecelakaan lalu lintas dan mampu menekan jumlah fatalitas korban, kecelakaan lalu lintas, Berkurangnya titik kemacetan, terciptanya kerjasama yang baik antar instansi pemangku kepentingan lalu lintas, Terwujudnya situasi dan kondisi kamseltibcar lantas yang mantap, Meningkatakan kesadaran dan edukasi dalam berlalu lintas dan protokol kesehatan, serta Menurunkan kasus covid-19 yang ada di Kalimantan Selatan.

Ada lima (5) point penekanan Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum. yang disampaikan Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel Kombes Pol Maesa Soegriwo, S.I.K. kepada seluruh personel yang terlibat Operasi Patuh Intan 2021 yakni : Selalu memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa sebelum melaksanakan tugas, Mengutamakan faktor keamanan, keselamatan dan kesehatan dengan mempedomani standar operasional prosedur.

Kemudian Pedomani pola Operasi Patuh 2021 saat ini dengan melaksanakan 100 persen kegiatan preemtif dan preventif yang mengedepankan kegiatan edukasi persuasif, simpatik dan humanis, Melakukan inovasi tentang prokes dan mobilitas, serta Melakukan pengawasan dan pengendalian yang ketat agar tidak terjadi penyalahgunaan kewenangan oleh anggota dilapangan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00