Peringati HBP 57, Kakanwil Kemenkumham Kalsel Ikuti Gowes Bersama Lapas Karang Intan Martapura

Lapas Karang Intan Martapura

KBRN, Martapura : Kepala Kantor Wilayah (Ka Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, Tejo Harwanto beserta jajaran, ikuti gowes bersama unit pelaksana teknis (UPT) Pemasyarakatan se-Banjar Raya dalam rangka memeriahkan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-57 tahun 2021 di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, Sabtu (10/4/2021).

Peringatan HBP menjadi momentum penting seluruh jajaran Pemasyarakatan untuk semakin mengukuhkan komitmennya dalam mencapai tujuan Pemasyarakatan. Salah satu kegiatan yang dilakukan yakni gowes, olahraga yang kini makin digandrungi semua kalangan, termasuk petugas Lapas Karang Intan, dengan club nya “Lapas Karang Intan Bike Community” atau disingkat “Laki Bini”.

Kegiatan dibuka oleh Ka Kanwil, pada sambutannya mengatakan kegiatan ini dalam rangka memeriahkan HBP ke-57 tahun 2021. “Peringatan HBP ke-57 merupakan event, yang harus ditindaklanjuti oleh seluruh UPT Pemasyarakatan yang ada di Kalimantan Selatan, salah satu kegiatan yang dilakukan, yakni gowes bersama pagi ini,” ujar nya. 

Lebih lanjut, orang nomor satu di jajaran Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan ini berharap, nantinya ada wadah untuk jajaran Pemasyarakatan Kalimantan Selatan yang suka bersepeda, agar kegiatan positif bersepeda terus berlanjut.

“Kita perlu membentuk satu tim, sepeda santai lah, di Kalimantan Selatan, yang mungkin nantinya menjadi wadah bagi kita semua, penggemar sepeda santai di UPT wilayah Kalimantan Selatan, mewujudkan hidup sehat, dalam kegiatan gowes bersama,” lanjut Tejo meneruskan sambutannya.

Jalur sepeda pada gowes kali ini cukup menantang, dimulai dari jalanan beraspal, kemudian memasuki jalan setapak terjal bebatuan kebun karet milik warga, hingga bermuara menembus bendungan Karang Intan, dan kembali ke Lapas Karang Intan, dengan pemandangan hijau sepanjang jalur serta alam yang masih asri.

Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Karang Intan, Wahyu Susetyo mengatakan kegiatan ini menjadi ajang kumpul-kumpul dan penuh kegembiraan, menjaga kebugaran tubuh dalam upaya meningkatkan imunitas terlebih di masa pandemic corona virus disease (Covid-19) saat ini.

"Kegiatan gowes kali ini bukan untuk balapan, tapi lebih ke senang-senang dan bergembira, juga mempererat silaturahmi antar unit pelaksana teknis se-Banjar raya, untuk menjaga kesehatan tubuh, karena penting sekali di tengah masih mewabah nya Covid-19, kita melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan imun tubuh, dengan bersepeda, kita aktif bergerak, berkeringat dan diharapkan jadi lebih bugar dan sehat,” tutup nya singkat.

Turut hadir pada kegiatan gowes kali ini, jajaran Lapas Kelas IIA Banjarmasin, Kepala Lapas Kelas IIB Banjarbaru, Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Martapura, Kepala Lapas Perempuan Kelas IIA Martapura, Kepala Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan), Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Pelaihari, Kepala Rutan Kelas IIB Marabahan dan jajaran Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Banjarmasin, serta undangan dari Kepolisian Sektor Karang Intan dan Koramil 1006-05/Karang Intan yang masing-masing dengan club sepedanya.

Kegiatan diakhiri dengan menyantap bubur ayam dan bakso oleh seluruh peserta gowes sambil menikmati hiburan live musik oleh grup band warga binaan Lapas Karang Intan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00