Dongkrak Pendonor, PMI Akan Berinovasi Dengan Container Donor Darah

dr Aulia Ramadhan

KBRN, Banjarmasin :  Kebutuhan Stok darah yang tidak menentu setiap hari bagi pasien dirumah sakit, tak sebanding dengan kurangnya jumlah pendonor akibat kondisi pandemi covid-19.

Mendorong Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) kota Banjarmasin harus berinovasi untuk menarik masyarakat agar merasa aman dan nyaman saat mendonorkan darahnya.

Meski masyarakat telah dijamin aman dan nyaman ke UTD PMI Banjarmasin dengan protokol kesehatan covid-19 yang ketat.

Namun hal itu dirasa masih belum cukup untuk menarik minat masyarakat agar berdonor, untuk terpenuhi kebutuhan stok darah yang jumlahnya 100 kantong perharinya.

Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) kota Banjarmasin dr Aulia Ramadhan Supit mengatakan pihaknya akan berinovasi dengan Container Donor Darah untuk menarik minat masyarakat dan efisiensi biaya operasional.

"Rencana kita akan tempatkan container donor darah menggantikan unit Bus. di depan masjid raya Sabilal Muhtadin untuk memudahkan masyarakat," kata dokter yang akrab di sapa Rama ini, Jumat (24/7/2020).

Ia lanjut menerangkan, Container Donor darah nantinya akan melayani para pendonor bahkan 24 jam jika minat masyarakat semakin tinggi.

"Kalau semakin banyak masyarakat yang berdonor, kami juga akan tempatkan di beberapa lokasi di Banjarmasin," terangnya.

Namun, saat ini PMI masih mencari pihak lain untuk membantu bekerja sama dalam mengadakan fasilitasnya.

"Alat alat kami sudah siap, namun kan Containernya belum ada masih di kordinasi kan," jelasnya.

Dengan adanya inovasi ini dr Rama berharap masyarakat semakin antusias untuk mendonorkan darahnya dan pihaknya pilun akan memberikan pelayanan yang maksimal.

"Mungkin warga yang enggan ke UTD langsung, saat dijalan mampir langsung berdonor disana," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00