Miris!! Empat Kelurahan Zona Bahaya Covid-19, Masih Ada Warga Tidak Disiplin

Sebagian Warga Tidak Pakai Masker Di Zona Hitam

KBRN, Banjarmasin : Dinas Kesehatan telah menetapkan empat kelurahan yang menjadi zona hitam atau ketegori berbahaya dalam penyebaran covid-19 saat ini di kota Banjarmasin.

Empat kelurahan tersebut, yakni kelurahan Pekapuran Raya, Pemurus Dalam, Pemurus Baru, dan juga Teluk Dalam.

Namun demikian, dari pantauan rri.co.id di lapangan Jumat (3/7/2020) siang, di kawasan Pekapuran Raya nampak sebagian masyarakat seolah tidak menghiraukan kondisi itu, mulai tidak menjaga jarak hingga tak pakai masker.

Hal itu juga diakui salah satu warga Pekapuran Raya Mahdiani, yang mengaku sangat  khawatir dengan kondisi tersebut.

"Iya saya sudah tau di sini katanya zona hitam, was was juga saya kan berjualan disini, jadi kalau sore banyak warga yang keluar rumah tapi tidak pakai masker," ujar Mahdiani penjual sembako di pinggir jalan Pekapuran Raya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi mengatakan seharusnya masyarakat semakin patuh dengan protokol kesehatan, sebab adanya perubahan sifat virus yang kini cenderung tidak memiliki gejala.

"Kita miris melihat masyarakat tidak patuh, karena hampir seluruh orang tanpa gejala (OTG) 98 persennya sekarang tidak ada gejala, nah nantinya yang kasian orang yang sudah tua, komorbit bahkan para bayi yang terpapar virus," terang Machli.

Kelurahan itu dikategorikan zona hitam karena angka kasusnya lebih 50 orang, sehingga tim Gugus Tugas Covid-19 kota Banjarmasin, meminta seluruh pihak atau instansi bisa ikut untuk melakukan pencegahan penularan bersama-sama.

"Indikator keberhasilan kita, kita kembalikan kepada masyarakat sendiri, kita sudah berupaya untuk terus melakukan sosialisasi dalam kedisiplinan masyarakat," tandas Machli.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00