Antisipasi Covid-19, Pemkab Tala Tingkatkan Rapid Tes

KBRN Banjarmasin : Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Tala) memperkuat sistem perlindungan kesehatan dengan meningkatkan jumlah rapid tes dan menambah jumlah tempat fasilitas khusus guna menangani pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Bupati Tala Abdi Rahman dalam kegiatan Rapat Koordinasi bersama Tim Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 di Aula Markas PMI Tala, pada Selasa (12/5/2020).

Pada pertemuan tersebut, Abdi menyatakan untuk kegiatan pemeriksaan skala besar-besaran sudah tidak dapat dinego lagi. Ia menambahkan hal itu sudah menjadi keputusan bersama pemerintah Kabupaten Tala bersama tim.

Lebih lanjut ia menyebutkan bahwa semakin lambat penanganan maka semakin tidak terkontrol dan tidak jelas penyebarannya.

Abdi menuturkan bahwa pihaknya menyediakan 1500 alat rapid tes dan sudah didistribusikan sebanyak 900 alat ke puskesmas yang ada di Tala.

“Sisanya dari alat rapid tes akan kita gerakkan bersama tim Kabupaten dibeberapa titik yang sudah dilacak dan harus tepat sasaran,” ucap Abdi.

Sementara itu, Abdi mengatakan sistem pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di Tala akan terus ditingkatkan dan diperbaiki. Ia menilai hal itu sebagai proses percepatan pencegahan dan penanggulangan Covid-19 yang akan teridentifikasi dari klaster serta wilayahnya.

“Nantinya jika hasil dari rapid tes keluar pada siang hari, maka pada saat itu juga swab tes harus kita laksanakan secara maksimal,” ujarnya.

Dirinya menyebutkan, selain mengedukasi mengenai Covid-19 pihaknya juga akan melakukan penindakan dan penegakan bagi masyarakat yang tidak melaksanakan imbauan dari pemerintah.

“Jika dilakukan rapid tes dan hasilnya reaktif, maka akan kami bawa langsung ke fasilitas khusus atau RSUD Hadji Boejasin yang lama,” tegasnya.

Turut berhadir pada rapat tersebut, Asisten Bidang Tata Pemerintahan Tala Bambang Kusudarisman, Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Tala Ahmad Hairin, Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Zainal Abidin, serta para Kepala SKPD terkait.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00