Sasirangan Dibuat Masker dan Dibagi Gratis

KRBN, Banjarmasin: Sejak dulu sasirangan dipercaya mampu mengobati penyakit atau batamba.  Kain adat suku Banjar dari Kalimantan Selatan ini diwariskan secara turun-temurun. 

Nah, ditengah pandemi Virus Corona dan mendesaknya kebutuhan masker, Rumah Kreatif dan Pintar Banjarmasin menginisiasi pembuatan masker berbahan kain sasirangan dengan pewarna alami.

"Pembuatan sasirangan ini menggunakan pewarnaan yang diambil dari bahan alami seperti daun dari pohon. Kita ambil daunnya yang kemudian kita kukus dan kita taruh ke kain,"ungkap M. Arifin Pendiri Rumah Kreatif dan pintar, Minggu (5/4/2020).

Semua jenis daun dapat dipakai untuk pewarnaan kain ini. Misalnya daun jati yang menghasilkan warna ungu kemerah-merahan serta daun pepaya yang menghasilkan warna hijau.

Khusus untuk masker berbahan dasar kain sasirangan dengan  warna alami ini  dibuat dan dibagikan gratis bagi warga yang dianggap memerlukan, seperti pengemudi ojek online, jurnalis, perawat hingga beberapa permintaan dari warga berstatus Orang dalam Pemantauan (ODP) virus corona.

"Sampe saat ini kurang lebih sudah 5 ribu masker yang kami bagikan secara cuma-cuma kepada seluruh lapisan masyarakat. Tidak terkecuali bagi mereka yang saat ini berada di dalam lembaga pemasyarakatan terutama kalangan anak-anak,"jelasnya.

Arifin menambahkan, pembuatan dan bagi – bagi masker gratis  itu semata- mata bentuk kepedulian dan upaya berbagi dari Ia dan teman - teman dirumah Kreatif ditengah musibah yang menimpa dunia khususnya di Banjarmasin.

"Meski tidak sempurna seperti masker medis namun setidaknya ini sudah cukup sebagai bentuk ikhtiar kita dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19,"tuturnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00