Duta GenRe Diharapkan Menjadi Pendorong Pencegahan Stunting di Kalsel

Para juara Duta GenRe berfoto bersama dengan panitia usai Kegiatan Grand Final Pemilihan Duta GenRe Provinsi Kalsel tahun 2022 di Banjarmasin

KBRN, Banjarmasin : Ajang Grand Final pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) menjadi hari yang spesial bagi Angga Eki Duta R asal Kota Banjarbaru dan Tajmila asal Kabupaten Banjar.

Kedua pasangan itu dinobatkan sebagai Duta GenRe Kalsel 2022 setelah dinobatkan sebagai terbaik pertama GenRe Kalsel kategori putra dan putri pada ajang bergengsi tersebut.

Kepala BKKBN Kalsel, Ramlan mengharapkan pemenang Duta GenRe Tahun 2022 menjadi perpanjangan tangan Pemerintah untuk menyiapkan kehidupan berkeluarga bagi remaja agar tidak menikah pada usia dini dan menekan kasus stunting di Kalsel.

“Jadi kami harapkan Duta GenRe tahun 2022 juga menjadi duta stunting,” kata Ramlan usai kegiatan Grand Final Pemilihan Duta GenRe Provinsi Kalsel tahun 2022 di Banjarmasin.

Menurutnya, dengan adanya Duta GenRe ini dapat mengedukasi masyarakat khususnya generasi muda berkaitan dengan keluarga berencana, berkeluarga, seks bebas, narkoba dan mensosialisasikan tentang penanganan stunting.

Dikesempatan yang sama, pemenang Duta GenRe 2022, Angga Eki Duta R dan Tajmila mengatakan langkah pertama setelah terpilih menjadi Duta GenRe akan melakukan kampanye berhubungan dengan pernikahan dini, seks bebas dan Nafza kepada masyarakat. 

“Kami akan aktif mengedukasi masyarakat terkait permasalahan stunting terutama melalui media sosial,” katanya.

Sementara itu, Koordinator Bidang ADPIN BKKBN Kalsel, Muhammad Ardani menambahkan peserta yang mendaftar ada 100 peserta bersaing di pemilihan Duta GenRe tahun 2022 ini. Jumlahnya peserta ada peningkatan dibandingkan tahun lalu pada saat pandemi COVID-19.

“Jadi setelah dilakukan seleksi ketat, tersisa 10 orang Putra dan 10 orang Putri dari 13 Kabupaten/Kota,” kata Ardani

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar