Siswa-Siswi SMAN 7 Ditanamkan Cinta NKRI

Photo : Istimewa

KBRN, Banjarmasin : Puluhan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 7 Banjarmasin diberikan pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, agar bisa mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal tersebut guna menghidupkan kembali Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan yang kini semakin luntur dengan perkembangan zaman yang semakin maju, dan banyaknya masuk paham-paham radikalisme yang disusupi melalui pelajar.

Untuk itu, anggota DPRD Kalsel Hj Dewi Damayanti Said menggelar sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan dengan menghadirkan narasumber dari Perwakilan Polda Kalsel Kompol Suryanthi SH dan Ipda Ninik Kristiani.

Narasumber Kompol Suryanthi SH dalam sosialisasi ini, menyampaikan tentang bagaimana para pelajar bisa mencintai Negara Republik Indonesia, bagaimana bersikap, berbuat sebagai pelajar.

“Hal tersebut disesuaikan dengan porsinya melalui pendidikannya. Saat ini, banyak paham radikalisme, untuk itu kami memutus mata rantai radikalisme di kalangan pelajar, yang merupakan generasi kita yang disiapkan menghadapi milenium. Kalau sudah memiliki rasa cinta NKRI, maka negara kita akan hebat,” ujarnya di hadapan puluhan pelajar SMA Negeri 7 Banjarmasin, yang terletak di Jalan Dharma Praja Banjarmasin.

Sementara, Anggota DPRD Kalsel Hj Dewi Damayanti Said menginginkan pelajar SMAN 7 Banjarmasin mendapatkan sosialisai Ideologi pancasila dan wawasan kebangsaan selain mendapatkan pelajaran di sekolahnya.

Karena, katanya, mereka inilah yang nantinya menjadi generasi penerus bangsa Indonesia. Dan, di tangan mereka inilah akan tercipta kemajuan pembangunan di masa yang akan datang.

Menurutnya, para pelajar SMA ini akan menjadi pemilih pemula pada pemilu, sehingga perlu diberikan sosialisasi politik sejak dini baik oleh anggota DPRD Kalsel atau partai politik.

“Sebenarnya, pendidikan politik soal hak memilih dalam pemilihan umum sudah disosialisasikan sejak SMP. Karena, mereka akan menjadi pemilih pemula, khusunya yang di atas usia 17 tahun,” ujar Dewi Damayanti Said.

Yang jelas, lanjut Srikandi Partai Golkar ini, diharapkan para pelajar bisa memiliki rasa kecintaan terhadap NKRI dengan memahami Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan sejak sekarang ini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar