Hari Buku Nasional 2022, Dispersip Gencarkan Minat Baca Anak di Banua

Seorang anak sangat antusias membaca buku, dok ist

KBRN, Banjarmasin : Peringatan Hari Buku Nasional (Harbuknas), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel, promosi buku kepada anak-anak.

Dispersip Kalsel membawa armada perpustakaan keliling ke TK Kemala Bhayangkari 03 Markas Satuan Brimob Kalsel di Banjarbaru.

Kepala Dispersip Kalsel, Dra Hj Nurliani Dardie mengatakan, selain mengajak anak-anak bernyanyi sambil senam otak, Dispersip kalsel juga menghadirkan pendongeng hingga badut karakter guna memotivasi anak-anak menyukai buku.

“Hal ini agar anak-anak semakin semangat mengikuti kegiatan promosi minat baca ini,” kata Nurliani.

Kegiatan ini, kata dia sebagai bentuk upaya pihaknya untuk menanamkan budaya literasi dan minat baca kepada anak-anak usia dini di Banua.

“Menumbuhkan cinta anak-anak terhadap membaca  memang harus dilakukan sejak dini,” terangnya.

Upaya ini kata dia akan terus dilakukan secara berkelanjutan dan perlu dukungan peran dari semua pihak.

“Kita juga terus melakukan sinergi dengan berbagai lembaga dan instansi, untuk terus membumikan minat baca di Kalsel,” pungkas

Sebagai informasi, Peringatan Hari Buku Nasional diperingati setiap tanggal 17 Mei setiap tahunnya. Tanggal ini juga bertepatan dengan tanggal Perpustakaan Nasional Republik Indonesia didirikan. 

Peringatan Hari Buku Nasional atau Harbuknas ini pertama kali diperingati pada 17 Mei 2022. Penetapan Hari Buku Nasional ini baru dilakukan oleh Menteri Pendidikan Nasional, Abdul Malik Fadjar pada tahun 2022. 

Adapun setiap peringatan Hari Buku Nasional harapan agar semakin tingginya minat baca masyarakat Indonesia semakin besar. Mengingat Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat literasi rendah. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar