Daerah 15 Mei 2022 Pemprov Kalsel Dorong PPNI Tingkatkan Mutu Pelayanan Keperawatan

Photo : Istimewa

KBRN, Banjarmasin : Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) mendorong Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kalsel untuk meningkatkan mutu pelayanan keperawatan agar terus memperdalam pengetahuannya, baik melalui pendidikan maupun pelatihan.

Gubernur Kalsel yang diwakilkan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kalsel, Nurul Fajar Desira, mengatakan keberadaan perawat di sektor kesehatan sangat penting karena perawat merupakan garda terdepan dalam pelayanan kesehatan, terutama di masa pandemi COVID-19.

“Kita telah memberikan perhatian yang maksimal untuk menambah kuantitas maupun mutu tenaga kesehatan dengan peningkatan sarana dan fasilitas kesehatan, baik di rumah sakit maupun di puskesmas,” kata Fajar pada Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-8 PPNI Kalsel di Banjarmasin.

Fajar berharap, dari Muswil ini bisa lahir gagasan dan inovasi yang mampu meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, khususnya dari sisi keperawatan.

“Buktikan bahwa PPNI Kalsel bisa memberikan terobosan baru dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan,” kata Fajar. 

Fajar meminta kepada semua pihak untuk dapat bersinergi dan berkolaborasi mewujudkan pelayanan kesehatan yang prima, terutama di kalangan perawat dan organisasinya. 

“Sinergi dan kolaborasi ini bisa diwujudkan dalam keorganisasian dan keprofesian, namun bisa diaktualisasikan juga dalam bentuk informasi kesehatan untuk mendorong dan membudayakan perilaku hidup sehat di masyarakat,” kata Fajar.

Senada dengan Gubernur, Ketua Umum PPNI, Harif Fadillah, menyampaikan dukungan dari Pemprov Kalsel sangat baik dalam upaya pembangunan kesehatan hingga di kabupaten/kota.

“Di masa pandemi COVID-19, perawat di desa dapat menjadi sumber informasi untuk mendengar permasalahan kesehatan yang ada di desa, sehingga dapat memberikan bahan untuk mengambil langkah kebijakan nantinya,” kata Fadillah.

Sementara itu, Plt Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PPNI Kalsel, Oman Fathurrahman, mengatakan agenda Muswil ini salah satunya yaitu pemilihan kepengurusan Ketua DPW PPNI Kalsel periode selanjutnya.

“Jadi, kedepannya PPNI Kalsel siap bersinergi untuk mewujudkan pembangunan kesehatan di Kalsel,” kata Fathurrahman. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar