Satlantas Polresta Banjarmasin Jelaskan Aturan Dilarang Merokok Saat Berkendara

Ilustrasi

KBRN, Banjarmasin : Aktivitas merokok saat mengendarai kendaraan bermotor baik itu roda empat maupun roda dua dinilai dapat membahayakan pengendara. Tak hanya bagi pengendara, namun hal itu juga dapat membahayakan pengguna jalan lainnya.

Seperti yang disampaikan oleh Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol. Rachmat Hendrawan, S.I.K., M.M. melalui Kasat Lantas, Kompol Gustaf Adolf Mamuaya, S.I.K., M.H bahwa saat berkendara diperlukan konsentrasi agar selalu fokus dengan situasi jalan.

"Konsentrasi merupakan hal yang wajib dilakukan setiap pengemudi motor," ucapnya.

Ia juga menyampaikan bahwa masih banyak ditemukan pengendara motor yang merokok. Padahal, aktivitas tersebut dapat membahayakan keselamatan diri sendiri maupun orang lain. Sesuai aturan, hal itu dilarang oleh pemerintah dan ada peraturan yang melarang berkendara sambil merokok.

Hal itu, diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 12 Tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor Yang Digunakan Untuk Kepentingan Masyarakat, tepatnya pada pasal 6 huruf C disebutkan bahwa mengemudikan kendaraan bermotor dilarang sambil merokok.

Kasat Lantas juga menyebutkan bahwa larangan melakukan aktivitas lain dalam hal ini termasuk merokok juga ada didalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan ( UU LLA).

Dijelaskannya, di dalam pasal 106 ayat 1 UU LLAJ, yang mengatur bahwa Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di Jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi.

"Di sini saya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar mematuhi aturan berlalu lintas yang dengan tujuannya untuk terciptanya keamanan, keselamatan dan kenyamanan saat berkendara," imbuh Kasat Lantas.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00