Dihantam Covid-19, PAD Tanah Laut Stabil

(Photo : Humas Tala)

KBRN, Tanah Laut : Hantaman Covid-19 relatif tak berpengaruh terhadap realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Tanah Laut.

Dari hasil monitoring dan evaluasi pembangunan triwulan III tahun 2020, diketahui bahwa realisasi PAD Tala telah mencapai 86 persen dari target atau senilai Rp129,3 miliar

"Disaat daerah lain rata-rata PAD mereka jatuh, alhamdulillah kita masih aman,” kata Bupati Tala Sukamta di Pelaihari, Kamis (22/10/2020).

Menurut Sukamta, fakta itu menunjukkan kebijakan yang diambil Pemkab Tala di tengah pandemi ini sudah berada di jalan yang benar.

Di sisi lain, ia juga memberikan peringatan kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemkab Tala agar segera melakukan percepatan realisasi anggaran.

"Ada penambahan anggaran kemarin diketok di DPRD, sementara waktu kita kurang lebih 50 hari efektif kerja," ujarnya.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Tala Surya Aripani menambahkan bahwa pihaknya terus berupaya menggenjot PAD dengan cara menggali berbagai potensi pendapatan, diantaranya pajak parkir untuk gerai usaha retail perdagangan.

Selain itu, upaya untuk mendongkrak pemasukan bagi daerah juga dilakukan dengan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk membayar pajak.

"Seperti Pajak Bumi dan Bangunan bisa dibayarkan secara daring melalui bank atau kantor pos," katanya. (YNT)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00