Hipmikindo Kalimantan Selatan Melakukan Pendataan Para Pelaku UMKM Yang Terdampak Covid 19

RRI Banjarmasin :  Sebagaimana arahan Pemerintah, terkait dengan dampak Covid 19 pada pelaku UMKM, Kami dari Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia (Hipmikindo) Kalimantan Selatan melakukan pendataan sesuai arahan dari masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

"SKPD ini diantaranya adalah dari Dinas Tenaga Kerja mengarahkan untuk mendata pelaku UMKM yang memiliki karyawan yang akhirnya harus dirumahkan atau diPHK. Sehubungan dengan itu akan didata dan dibentukan  berupa kartu prakerja. Kartu tersebut akan mendapat manfaat berupa pelatihan fokasi ataupun insentif dari Pemerintah," kata Yeni Mulyani, Ketua Hipmikindo Kalimantan Selatan di Banjarmasin, Kamis (2/4).

Menurutnya, juga ada dari Dinas Koperasi dan UMKM dan Bank Indonesia.

"Kemudian dari Dinas Koperasi dan UMKM Kalimantan Selatan juga mengarahkan data untuk penerima bantuan bagi UMKM yang terdampak Covid 19 ini berupa pembelian produk yang akan dibagikan kepada masyarakat prasejahtera. Ada juga pemberian data ke stakeholder yang lain, diantaranya ke Bank Indonesia, data-data UMKM yang terdampak tersebut akan dibina oleh BI berupa OnBoarding UMKM yang akan dilaksanakan BI setelah badai virus Covid 19 ini selesai," Yeni menambahkan.

Data-data tersebut sudah mereka himpun  dan sudah diberikan kepada SKPD maupun Stakeholder terkait. 

"Mudah-mudahan UMKM kita yang ada di Kalimantan Selatan yang terdampak covid 19 ini dapat dibantu dan diminimalisir keadaannya," pungkasnya.(juns)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00