Jamkrida Kalsel Mengurangi Aktifitas Dalam Kondisi Wabah Corona Saat Ini

RRI Banjarmasin :  Wabah Corona mempengaruhi aktivitas kegiatan. Kalau dulu bisa beraktivitas 100 persen, sekarang hanya bisa antara 60 sampai 70 persen. Demikian juga yang dirasakan Jajaran Jamkrida Kalsel. 

Direktur PT. Jamkrida Kalsel Suyanto mengatakan,  akibatnya OJK pun sebenarnya melakukan relaksasi. Kalau dulu harus tepat waktu, kalau sekarang ada pengurangan. Lebih dimudahkan. Memaklumi. Misal ada terlambat sedikit-sedikit dimaklumi karena usaha tidak bisa maksimal. Namun laporan masih harus tepat waktu.

"Kalau ke OJK, laporan masih tepat waktu sesuai aturan OJK. Setiap tanggal 10 setiap bulannya. Hanya untuk pembayaran nasabah ke Bank, OJK sudah mengeluarkan aturan bisa sedikit semacam ada  toleransi.  Relaksasi untuk pembayaran."

Adakah keluhan UMKM?

"Untuk saat ini belum ada data keluhan UMKM. Mungkin nanti di bulan depan efeknya. Karena evaluasi dilakukan perbulan. Nanti bulan depan kita baru tahu ada klaim yang meningkat," jelas Suyanto.

Aktivitas dan kegiatan?

"Aktivitas seperti biasa, namun sesuai himbauan gubernur dan walikota, memang sedikit dikurangi untuk mengadakan pertemuan-pertemuan dan kalau bisa cukup dengan teleconfren atau media-media yang lain. Jadi tidak berhubungan secara langsung," ungkap Suyanto.

Untuk pelatihan UMKM Bagaimana?

"Sebenarnya ada pelatihan. Kita ini ada pelatihan bagaimana cara untuk melakukan aktivitas, seperti pelatihan kepada UMKM maupun kepada karyawan atau yang lain melalui media, melalui aplikasi yang ada, tidak bertatap muka secara langsung. Tapi tetap dijalankan. Dengan media juga hampir sama dan bisa langsung bertanya. Seperti di kampus. Sistim online," pungkas.(juns)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00