Permintaan Kain Sasirangan Meningkat

KBRN, Banjarmasin : Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) yang ke-4 kembali digelar dengan mengangkat tema The Glory of Heritage atau kebanggaan warisan budaya berpakaian sasirangan di Atrium Duta Mall Banjarmasin dan Siring Piere Tendean, Rabu (4/3/2020).

Acara BSF yang ke-4 disambut meriah oleh Walikota Banjarmasin, para Bupati dan Kepala SKPD Lingkup Pemerintah Kota. Tak hanya itu, ada berbagai rangkaian acara untuk memeriahkan BSF diantaranya fashion show dan karnaval yang akan digelar di sepanjang jalan Ahmad Yani.

Perkembangan kain sasirangan juga membawa dampak ekonomi bagi pengrajin kain sasirangan khususnya di kota Banjarmasin bahkan Walikota Banjarmasin Ibnu Sina tidak menyangka permintaan kain sasirangan pada tahun 2019 meningkat.

“Tahun 2019 yang lalu saya mencatat adanya peningkatan permintaan terhadap kain sasirangan termasuk para pengrajin kita hidup kembali dan juga untuk kain sasirangan pewarna alam,” kata Ibnu Sina.

Sementara itu Hj. Cathrine Designer Pakaian Sasirangan yang terpilih untuk memamerkan hasil desainnya pada acara pembukaan BSF ke-4, ia mengungkapkan permintaan busana sasirangan kian meningkat secara signifikan setiap tahunnya.

“Penjualan dari tahun ke tahun kian meningkat signifikan, bahkan saya pernah menjual gaun sasirangan dengan harga Rp. 17.000.000,-,” ungkap Cathrine.

BSF merupakan agenda acara tahunan yang dimulai dari tanggal 4 hingga 8 Maret 2020. Menteri Perindustrian serta Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI akan hadir pada puncak acara tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00