Sekda Ajak Masyarakat Awasi Dana Desa

KBRN Banjarmasin : Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Laut (Tala) Dahnial Kifli menghadiri rapat kerja percepatan penyaluran dana desa di Gedung Idham Chalid Banjarbaru, Selasa (25/2/2020).

Raker tersebut dibuka langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H. Sahbirin Noor dan dalam sambutannya ia berharap kegiatan itu bertujuan bukan hanya untuk percepatan penyaluran saja, namun tujuan utama dari diturunkannya program dana desa yakni benar - benar bisa bermanfaat untuk masyarakat.

Pria yang kerap disapa Paman Birin itu mengungkapkan, Kepala Desa adalah ujung tombak negara. Sehingga dengan adanya dana desa, ia ingin Kepala Desa bisa maksimal dalam menggunakan dana desa.

Lebih lanjut ia menuturkan bahwa sebelumnya desa sangat tertinggal di Kalsel ada 800 desa, namun sekarang hanya tinggal 22 desa. Hal itu menunjukkan bahwa program yang diluncurkan pemerintah pusat sangat berarti untuk masyarakat di desa.

"Musyawarahkan dengan baik apa yang menjadi prioritas dan keperluan masyarakat," perintahnya.

Senada dengan Paman Birin, Sekretaris Daerah Tala Dahnial Kifli menekankan kepada para Kepala Desa bahwa dana desa harus disesuaikan dengan aturan, dana tersebut juga harus digunakan sesuai dengan kebutuhan bukan berdasarkan keinginan.

"Jadi kebutuhan yang ada di desa merupakan suatu prioritas yang harus dilaksanakan," ujarnya.

Selain itu juga dana desa harus bermanfaat untuk masyarakat serta untuk pengembangan potensi - potensi yang ada di desa.

"Dana desa yang dikucurkan pemerintah harus tepat sasaran, jangan ada penyimpangan dan gunakan dana itu untuk kesejahteraan masyarakat," tegas Dahnial.

Seiring Pemerintah Kabupaten Tala juga turut mengawasi serta melakukan pembinaan terhadap dana desa yang sudah diterima oleh Kepala Desa.

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk bersama - sama berpartisipasi mengawasi dana desa," imbaunya.

Pihaknya pun berharap jika ada hal hal maupun permasalahan yang menyangkut dana desa, hendaknya dirembukkan bersama - sama. Sehingga dana desa tidak terbuang sia - sia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00