Mendorong Pemulihan Ekonomi yang Merata dan Pengembangan Green Economy Berkelanjutan di Kalimantan Selatan Melalui Digitalisasi UMKM

Istimewa

KBRN, Banjarmasin :  Humas BI Provinsi Kalsel menyampaikan Capacity Building on G20 Issues untuk Stakeholder Daerah di Banjarmasin dengan tema "Mendorong Pemulihan Ekonomi yang Merata dan Berkelanjutan di Kalimantan Selatan Melalui Digitalisasi UMKM dan Pengembangan Green Economy" telah sukses dilaksanakan di Banjarmasin secara _Hybrid_ pada 11 Agustus 2022. Acara dimaksud juga dirangkaikan dengan peluncuran Buku Sejarah dan Heritage Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan.

Acara dibuka dengan _opening remarks_ dari Bapak Bimo Epyanto selaku Deputi Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Kalimantan Selatan dan dilanjutkan dengan sesi panel diskusi dengan narasumber Ibu Lisa Khulasoh (Deputi Direktur DUPK Bank Indonesia), Bapak Prof. Akhmad Fauzi, Ph.D. (Guru Besar Institut Pertanian Bogor), serta Bapak Tommy Tjiptadjaja, MBA (Co-Founder dan CEO Greenhope). Sesi diskusi panel dan tanya jawab dipandu oleh moderator Ibu Dr. Hania Rahma (Dosen Universitas Indonesia). 

Secara ringkas, _Capacity Building_ ini membahas mengenai bagaimana pemberdayaan dan digitalisasi UMKM menjadi salah satu upaya inklusi keuangan untuk mendukung pemulihan ekonomi, serta hilirisasi industri melalui inovasi teknologi dan produk ramah lingkungan sebagai kunci dalam mewujudkan ekonomi hijau dan berkelanjutan. 

Peserta yang hadir mencapai 231 orang secara luring dan daring yang berasal dari perwakilan _stakeholder_ Bank Indonesia di Provinsi Kalimantan selatan. Para peserta sangat antusias terlibat secara aktif dalam setiap sesi tanya jawab.

Kamis (11/8/2022) berlokasi di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Prov. Kalsel, telah dilaksanakan Peluncuran Buku Sejarah dan Heritage Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan dengan judul “Dinamika Hulu-Hilir Sungai: Bank Indonesia dalam Lintasan Sejarah Kalimantan Selatan.”

Buku ini hadir melengkapi publikasi BI Instititute, sebagai rekaman _institutional memory_ tentang perjalanan sejarah perkembangan ekonomi Kalimantan Selatan serta kiprah De Javasche Bank hingga Bank Indonesia dalam mengawal laju perekonomian Kalsel dari masa ke masa. 

Peluncuran buku ini menandai beredarnya buku ini secara luas di tengah masyarakat. Secara simbolis dilakukan penyerahan buku oleh Ibu Arlyana Abubakar kepada beberapa pihak:1. Prof. Dr. Bambang Subiyakto, M.Hum. (Tim Penulis)2. Ir. Pakhri Anhar, M.T. (Tim Penulis)3. Bimo Epyanto, (Dep KaKPw BI Prov. Kalsel)4. Dr. Ir. H. Muhammad Fauzi, MP (Wakil Rektor BidangKemahasiswaan dan Alumni Universitas Lambung Mangkurat)5. Way Hudi Anden (Ketua Persatuan Pensiunan Bank Indonesia Kalsel) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar