Konsumen di Kalsel Cerdas, BPSK Banjir Aduan

Kadisdag Kalsel, memberikan keterangan kepada, awak media, dok RRI

KBRN, Banjarmasin : Konsumen di Kalimantan Selatan semakin cerdas dalam mengenali haknya sebagai pembeli, menentukan pilihan produk.

Hal itu, disampaikan Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Provinsi Kalsel, Birhasani saat perayaan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2022, Jumat (20/5/2022) di Banjarmasin.

Birhasani mengatakan, keberdayaan konsumen nasional berada pada level 49,07 persen atau berada pada level mampu.

Data itu, adalah hasil survei Indeks Keberdayaan Konsumen (IKK) tahun 2020 yang dilakukan Kementerian Perdagangan (Kemendag).

"Konsumen kita saat ini di indonesia dan di Kalsel khususnya sudah cerdas, kritis, berani komplain, dalam memilih produk dan jika dirugikan," katanya.

Sebab, dalam beberapa tahun terakhir Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Banjarmasin banjir aduan masyarakat.

"Dalam tiga tahun terakhir, BPSK Banjir aduan konsumen, Alhamdulilah semua bisa diselesaikan," jelasnya.

Menurut Birhasani, banyaknya laporan itu, bisa menjadi pendorong para pelaku usaha dalam menghadirkan serta memastikan barang dan jasa yang diberikan kepada konsumen adalah yang terbaik.

"Sektor yang banyan mendapat aduan konsumen di antaranya, perumahan dan lembaga pembiayaan," terwngnya.

Sementara, data 2021, BPSK mencatat sebanyak 23 aduan konsumen. Jumlah ini diakui meningkat drastis dibanding tahun 2020.

Namun pada periode Januari-Mei 2022, angka aduan konsumen di BPSK Banjarmasin kembali mengalami penurunan hingga 50 persen.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar