GKN Kalsel Dukung Pengembangan UMKM Melalui Pelatihan Sasirangan Ecoprint

GKN Kalsel

KBRN, Banjarmasin: Gerakan Kewiraushaan Nasional (GKN) Kalimantan Selatan (Kalsel) bekerja sama dengan salah satu rumah kreatif menggelar pelatihan sasirangan ecoprint pewarna alam, sebagai wujud dukungan terhadap kemajuan UMKM.

“Kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi untuk para pelaku UMKM yang ingin mengembangkan usahanya dengan melalui kegiatan pelatihan sasirangan perwarna alam dengan ecoprint,” kata pemilik rumah kreatif, Isna Alib, di Banjarbaru, Rabu (26/1/2022).

Isna mengatakan, sasirangan ecoprint memberikan manfaat yang lebih baik terutama untuk kelestarian lingkungan.

“Bahan yang digunakan sangat ramah lingkungan karena semua bahan berasal dari alam, baik daun dan bunganya,” kata Isna.

Pewarna alam yang salah satunya berasal dari limbah kayu, seperti serutan kayu ulin, kayu secang dan kayu lainnya dikatakan Isna bisa menghasilkan warna yang bagus meski masih terlihat cukup sederhana.

“Pelatihan tahap pertama ini untuk menentukan konsep lebih ke praktik cara pembuatan, selanjutnya tahapan kedua pewarna alam bisa ditambahkan dengan pewarna kimia untuk mendapatkan hasil dari warna dan corak yang lebih jelas,” kata Isna.

Dari serangkaian pameran yang pernah diikuti, Isna pun menilai sasirangan ecoprint berpeluang untuk menarik minat masyarakat.

Pelatihan ini diharapkan agar perajin sasirangan dapat mengembangkan usahanya dengan cara menambah produkya yaitu ecoprint,” ujar Isna.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar