Uniska Dorong Mahasiswa Miliki Jiwa Enterpreuner

Istimewa

KBRN, Banjarmasin: Kreatifitas para Mahasiswa Uniska Banjarmasin, semakin didukung oleh pihak Civitas Akademika guna mendorong para Mahasiswanya untuk munculnya jiwa-jiwa enterpreuner mereka.

Wakil Rektor Satu Uniska Dr. Zainul, MM., mengatakan, lapangan kerja semakin kecil, sehingga pihaknya terus berupaya memunculkan enterprenuner para Mahasiswanya dengan membangun jiwa-jiwa enterpreuner tersebut.   

"Nah itulah sebabnya kita mencoba membangun jiwa-jiwa enterpreuner. Supaya nanti Mahasiswa itu selesai kuliah, dia sudah memiliki jiwa entrepreneur itu untuk berwiraswasta. Salah satu diantaranya itu membekali skill (keterampilan) kompetensi itu. Contoh misalnya kerajinan-kerajinan," ungkap Zainul.

Para Mahasiswa kata Zainul, juga diberikan kemampuan untuk dapat mengidentifikasi peluang apa saja yang ada di sekitar tempat tinggalnya, untuk digali dengan baik. Sehingga setelah lulus kuliah, sudah memiliki pekerjaan sendiri.   

"Kita terus mendorong bagaimana caranya supaya Mahasiswa memiliki kemampuan untuk mengedintifikasi. Kira-kira potensi mana sumber daya yang ada di sekitarnya itu murah. Tapi kalau itu dikelola secara baik, itu akan memberikan nilai secara ekonomis dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Minimal untuk dirinya sendiri," tegas Zainul.

Kreatifitas para Mahasiswa Uniska, kata Zainul, juga mereka buka dengan lebar dengan adanya sarana untuk menjual hasil kerajinan tangan mereka di kampus tersebut. Namun karena dalam situasi Covid 19, maka tempat itu masih ditutup. 

Setelah kampus baru selesai di Handil Bakti dan beberapa Fakultas pindah ke sana, diharapkan untuk wadah penjualan souvenir hasil kerajinan tangan para Mahasiswa Uniska akan lebih berkembang lagi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar