Tanah Bumbu Menuju Swasembada Sapi dengan Program Sikomandan

Istimewa

KBRN, Banjarmasin: Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) terus mendorong tercapainya swasembada ternak sapi di Kabupaten/Kota se-Kalsel. Salah satunya di Kabupaten Tanah Bumbu yang telah menerapkan program Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri (SIKOMANDAN).

Untuk mengetahui tingkat kesehatan sapi, Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kalsel bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu, memberikan layanan pemeriksaan indukan sapi yang bunting, juga pemberian vitamin dan obat cacing di Desa Batu Meranti dan Desa Sumber Baru.

“Saya berharap semakin banyak sapi yang lahir sehat dan mampu berkembang biak untuk memenuhi kebutuhan daging di Kalsel, khususnya di Tanah Bumbu,” kata Kepala Disbunnak Kalsel, Suparmi, melalui pesan singkat.

Berdasarkan data, Desa Batu Meranti memiliki 193 ekor sapi yang terdiri dari 91 ekor sapi jantan, 67 ekor sapi betina, dan 35 ekor sapi dara. Sementara, Desa Sumber Baru memiliki 123 ekor sapi, terdiri dari 30 ekor sapi jantan, 77 ekor sapi betina, dan 16 ekor sapi dara.

“Bersama-sama kita wujudkan swasembada ternak di Kalsel dengan dukungan stakeholder dan petugas lapangan,” ucap Suparmi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar