Gelombang Tinggi, Harga Ikan Laut Melambung

Istimewa

KBRN, Banjarmasin : Cuaca buruk dalam kurun beberapa waktu terakhir menyebabkan para nelayan tidak bisa melaut terlalu ketengah dan hasil tangkapan pun tidak terlalu banyak. Hal ini secara otomatis membuat pasokan ikan laut di pasar tradisional Banjarmasin dan sekitarnya mengalami kenaikan.

Kepala UPTD Pelabuhan Perikanan Banjarmasin, Nadiyah mengatakan, harga ikan laut yang dijual di pelabuhan perikanan Banjarmasin masih ada kenaikan sedikit jika dibanding dengan harga saat cuaca di laut sedang  bagus.

Untuk ikan Peda Rp35 ribu per kilogram, Tongkol Rp24 ribu, Lajang Rp31 ribu, Bawal Rp48 ribu, Bandeng Rp17 ribu, Selar Rp10 ribu, Sembolo Rp13 ribu, Cumi Rp38 ribu, Kakap Rp55 ribu, Tenggiri Rp56 ribu dan ikan Biji Nangka Rp22 ribu per kilogram.

Kendati suplai ikan dalam beberapa bulan terakhir menurun, namun Nadiyah mengungkapkan harga ikan masih bisa ditekan karena stok ikan di tempat penyimpanan selalu tersedia.

"Kita punya tempat penyimpanan ikan atau cold storage yang bisa menampung ratusan ton, sehingga mampu memenuhi kebutuhan ikan untuk Banjarmasin dan sekitarnya. Keberadaan cold storage sangat membantu untuk menjaga harga ikan tidak terlalu tinggi," ungkapnya.

Menurut info yang didapatkan dari BMKG, kondisi gelombang laut  sudah mulai normal kembali.

"Bulan depan diperkirakan gelombang sudah rendah, otomatis tangkapan ikan kembali ramai," harapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00