Nilai Ekspor Kalsel Maret Meningkat, Karena Distribusi Lancar

Ilustrasi

KBRN, Banjarmasin : Nilai ekspor di Kalimantan Selatan pada bulan Maret lalu meningkat dibanding bulan sebelumnya, seiring dengan membaiknya infrastruktur jalan dan jembatan pascabanjir yang berdampak positif pada kelancaran distribusi.

“Terlihat ada beberapa komoditi ekspor yang mengalami kenaikan volumenya pada bulan Maret dibandingkan dengan Februari, yaitu karet alam naik 62,59 persen, sawit naik 77,32 persen, produk kayu naik 20,24 persen dan perikanan naik 53,63 persen,” kata Kepala Dinas Perdagangan Kalsel, Birhasani, Banjarmasin, Rabu (28/4/2021).

Selain kenaikan volume, Birhasani mengatakan sejumlah komoditi ekspor juga mengalami kenaikan harga jual. Melihat hal itu, Birhasani pun berharap permintaan produk lokal Kalsel di pasar internasional semakin meningkat, tentunya dengan harga yang lebih baik.

“Jika pergerakan perekonomian di Banua kita semakin baik, sektor pertanian, perkebunan, perikanan dan industri bergerak positif dan perekonomian masyarakat pun semakin maju dan sejahtera. Dengan demikian nilai ekspor Kalsel semakin berlipat ganda sehingga dapat terwujud hilirisasi industri,” kata Birhasani. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00