Wisata Sungai Banjarmasin Korban Sampah Tetangga

KBRN, Banjarmasin : Sampah sudah menjadi momok bagi pemerintah di Kalimantan Selatan tidak terkecuali di Banjarmasin.

Apalagi musim hujan seperti sekarang. Sampah kiriman dari Kabupaten tetangga mulai eceng gondok  hingga sampah plastik harus segera diantisipasi.

Sebab kondisi itu selain berdampak terganggunya arus lalu lintas sungai juga berimbas terhadap keindahan sungai Martapura.

Wisatawan yang biasanya ingin menikmati Susur Sungai kerap terganggu dengan banyak sampah sebagaimana diungkapkan Widya wisatawan asal Sampit Kalimantan Tengah.

Saya harap ini bisa diatasi, sangat disayangkan kalau tidak dijaga sungai ini," ujarnya. Selasa (1/12/2020).

Persoalan sampah yang mengganggu wisata sungai ini diakui Kepala Dinas Pariwisata Banjarmasin Ihsan Al Haque adalah masalah klasik yang sulit terurai, sehingga perlu adanya sinergitas antara pemerintah daerah.

''Bukan hanya pemerintah kota Banjarmasin juga kabupaten tetangga dan pemerintah provinsi untuk mengatasi masalah sampah ini," Katanya.

Sungai Martapura di Banjarmasin kerap menjadi korban kiriman sampah dan eceng gondok dari hulu yang menumpuk di pusat kota.

Padahal sungai-sungai di Kalsel tidak terkecuali di Banjarmasin memiliki potensi sebagai objek wisata yang bisa mendatangkan nilai tambah ekonomi bagi daerah serta masyarakat setempat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00