DPRD Kalsel Siap Salurkan Aspirasi Buruh Tolak UU Ciptaker

Demo Buruh

KBRN, Banjarmasin : DPRD Provinsi Kalimantan Selatan siap menyalurkan aspirasi buruh yang menolak pengesahan Undang-Undang Cipta Kerja.

"Sebelumnya juga sudah kami lakukan, aksi hari ini kan hanya lanjutan," kata Ketua DPRD Kalsel Supian HK menanggapi unjuk rasa sekitar seribu buruh di Banjarmasin, Kamis (22/10/2020).

Pihaknya berencana menggelar dialog dengan anggota DPR RI perwakilan Kalsel yang saat ini sedang melakukan reses.

"Mereka sendiri menyampaikan itu ranah mereka, jadi akan saya undang walaupun dari sebelas anggota DPR RI itu tidak ada yang duduk di Komisi IX," lanjutnya. 

Adapun tuntutan yang disuarakan buruh diantaranya mendesak Presiden Joko Widodo untuk membatalkan UU Ciptaker dengan menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (PERPU) atau mengeluarkan klaster ketenagakerjaan dari UU tersebut.

"Kalau harus judicial review, menurut kami kekalahan sudah jelas di depan mata karena hanya bisa menyengketakan pasal perpasal, tidak bisa keseluruhan," ujar Sumarlan, Koordinator Biro Hukum Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Kalsel.

Selain itu, terselip juga tuntutan kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) Kalsel tahun 2021 sebesar minimal delapan persen. (FIT) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00