62 Tenanga Medis Kalsel Sudah Terpapar Covid-19

Dok (RRI)

KBRN, Banjarmasin : Jumlah tenaga kesehatan yang terinfeksi virus Covid-19 di sejumlah rumah sakit di Indonesia terus bertambah. Tidak terkecuali di Kalimantan Selatan.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kalsel Muhammad Muslim menyebutkan, dua klasifikasi tenaga kesehatan yang rentan terpapar Covid-19.

"Ada dua tenaga kesehatan yang rentan terpapar yaini menangani Covid-19 secara langsung dan secara tidak langsung," ucapnya. Sabtu (8/7/2020).

Muslim menjelaskan, tenaga kesehatan secara langsung seperti petugas surveilans, dokter, perawat dan tenaga gizii, sementara yang secara tidak langsung menangani Covid-19 seperti dokter gigi.

“Oleh karena itu, apakah penularannya pada saat pekerjaan, harus dilakukan banyak informasi dan penanganan dalam riset.  jika dilihat dari angka, tidak serta merta karena melakukan pelayanan atau bertugas dalam penanganan Covid-19 secara langsung,” beber Muslim.

Berdasarkan data yang diterima Dinkes Provinsi Kalsel sendiri, sedikitnya ada 62 dokter umum dan dokter spesialis yang terpapar Covid-19.

"Disini catatannya ada dokter sedikitnya ada 5 dokter gigi dan sebanyak 208 perawat yang telah terpapar Covid-19," terangnya.

Tak hanya dokter dan perawat, rupanya para  bidan juga berisiko terpapar Covid-19. kemungkinan bidan juga terpapar baik dari keluarganya maupun dari pasiennya.

“Ada 105 bidan terpapar Covid-19. Ditambah nakes lainnya. Angka-angka seperti ini menunjukkan kepada kita bahwa profesi nakes ini berisiko, baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap penanganan Covid-19,” pungkas Muslim.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00