HANI 2020, Narkoba Pemicu Penularan Covid-19

KBRN, Banjarmasin : Angka kasus penyalahgunaan narkoba di Kalimantan Selatan mengalami penurunan selama masa pandemi covid-19.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Narkotika Nasional BNN Kalsel Brigjen Pol Drs Mohamad Aris Purnomo dalam momen peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2020, di Banjarmasin Jumat (26/6/2020).

Aris menyebut penurunan salah satunya disebabkan gencarnya upaya petugas dalam memberantas narkotika serta pasca berakhirnya masa PSBB yang membuat sulitnya pergerakan gembong Narkoba.

"Dalam masa pandemi ini agak menurun bisa dilihat dari Prevalensi dari jumlah penduduk Kalsel yakni sebanyak 1,3 persen penurunannya, PSBB dibeberapa daerah kemaren juga mempengaruhi " ujarnya.

Aris juga mengungkapkan narkoba merupakan salah satu pemicu menularnya covid-19. Karena selain menurunnya imun atau daya tahan tubuh pengguna narkoba sangatlah mudah tertular.

"Narkoba salah satu pemicu menularnya virus cirona," terangnya.

Sehingga Ia mengajak kepada masyarakat khususnya di Kalimantan selatan agar bersama sama melawan narkoba dan bebas dari covid-19 sebagaimana tema HANI 2020 "Hidup 100 persen di Era New Normal, Sadar Sehat, Produktif Tanpa Narkoba".

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00