KPU Secara Resmi Tetapkan 55 Anggota Dewan DPRD Kalsel

KBRN Banjarmasin : Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi menetapkan anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) terpilih hasil Pemilu 2019, meski penetapannya sempat tertunda selama dua bulan.

Terdapat 55 anggota DPRD terpilih untuk periode 2019-2024 nanti. Demikian dirampungkan dari perhitungan perolehan suara di 13 kabupaten/kota yang dibagi dalam tujuh Daerah Pemilihan (Dapil).

Anggota terbanyak tentu kembali diraih Partai Golongan Karya (Golkar) dengan 12 kursi sisanya terdiri Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) sama sama meraih 8 kursi.

Lalu Partai Amanat Nasional (PAN) dengan 6 kursi. Partai Kesejahteraan Keadilan (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) meraih 5 kursi.

Partai Nasional Demokrasi (NasDem) empat kursi. Sedangkan Partai Demokrasi dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 3 kursi. Sisanya 1 kursinya diraih Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

“Penetapan anggota dewan terpilih ketika daerah itu tidak ada sengketa Pemilu, maka KPU diwajibkan memutuskannya,” terang Ketua KPU Kalsel Sarmuji di Banjarmasin, Sabtu (10/8/2019).

Selanjutnya, KPU Kalsel akan menyerahkan berkas berita acara perolehan kursi anggota DPRD Kalsel terpilih tersebut kepada Pemerintah Propinsi Kalsel Selasa nanti.

Tujuannya supaya Pemprov Kalsel meneruskan ke Kementerian Dalam Negeri untuk segera mengeluarkan keputusan jadwal pelantikan 55 anggota DPRD terbaru ini.

Sarmuji juga tidak mempermasalahkannya, karena ada beberapa parpol yang tak berhadir pada penetapan tersebut sebab menurutnya ketidakhadiran parpol ini secara umum telah sepakat apapun keputusan rapat pleno terbuka.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00