Dinsos Kalsel Meriahkan Harjad Dan HUT RI Dengan Gelar Berbagai Lomba

Istimewa

KBRN, Banjarmasin : Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi (Harjad) Ke-72 Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) serta Peringatan HUT Kemerdekaan Ke-77 RI, Dinas Sosial (Dinsos) Kalsel mengadakan berbagai lomba di lingkup dinas maupun UPTD bagi karyawan-karyawati, pejabat esselon 3 dan 4, ASN serta pegawai kontrak.

Kepala Dinsos Kalsel, Siti Nuriyani menyebutkan, kegiatan tersebut meliputi permainan tradisional Banjar yaitu Balogo, Enggrang, Lompat Tali, Rampa Alu, dan lomba menyebrangi sungai tatas dengan jembatan titian.

“Sesuai arahan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor untuk memeriahkan Harjad Provinsi Kalsel serta HUT RI,” kata Nuriyani, Banjarmasin, Minggu (14/8/2022).

Dipilihnya permainan tradisional menurut Nuriyani untuk menumbuhkan semangat cinta tanah air dan cinta Banua, karena dengan permainan ini mengingatkan pada masa kecil yang telah terlupakan.

“Tema kita tahun ini adalah Batiti Adat Banua Harat, Basuluh Iman Banua Tarang. Ini merupakan salah satu adat kita yang perlu di lestarikan,” ucap Nuriyani.

Sementara itu, Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kalsel yang juga Pantia lomba tradisional, Achmadi menyebutkan, untuk Juara I lomba Lompat Tali diraih oleh Panti Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas (PRSPD) Iskaya Banaran, Juara II Panti Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (PPRSLU) Budi Sejahtera dan juara III Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Kalsel.

“Untuk lomba Enggrang, juara I diraih PRSPD Iskaya Banaran, Juara II PPRSAR Mulia Satria, serta untuk Juara III Panti Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial (PRSTS) Barakat Cangkal Bacari,” kata Achmadi.

Lomba Rampa Alu, untuk Juara I diraih PPRSAR Mulia Satria, Juara II PRSTS Barakat Cangkal Bacari, serta Juara III Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Kalsel.

“Pada Lomba Balogo, Juara I dimenangkan PRSTS Barakat Cangkal Bacari, Juara II PPRSLU Budi Sejahtera, dan Juara III diraih Bidang Pemberdayaan Sosial Dinsos Kalsel,” ucap Achmadi. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar