BPBD Kalsel Terima Bantuan Helikopter Untuk Pantau Karhutla

Acara penyerahan bantuan helikopter patroli oleh BNPB kepada BPBD Provinsi Kalimantan Selatan yang dilakukan di pangkalan FASI Syamsudin Noor di Banjarbaru

KBRN, Banjarbaru : Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan menerima sebuah helikopter patroli dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Pangkalan FASI Syamsudin Noor, Banjarbaru.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kalsel, Suria Fadliansyah menyambut baik atas bantuan helikopter untuk penanggulangan bencana asap akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kalimantan Selatan.

“Tahun ini kita kembali mendapatkan bantuan helikopter, mudah-mudahan dapat membuat gerakan yang efektif untuk penanggulangan Karhutla,” ujar Suria Fadliansyah.

Bantuan pengadaan heli akan datang bertahap, dan diawali dengan sebuah helikopter patroli dan dilakukan penandatanganan sekaligus serah terima operasional.

“Pengadaan helikopter ini dapat memberi manfaat untuk pemadaman, terutama di titik yang sulit dijangkau melalui darat,” lanjutnya.

Ia juga berharap agar penanggulangan tahun ini dapat teratasi dengan cepat. Mengingat ada beberapa agenda penting yang akan dilaksanakan di Kalimantan Selatan dalam waktu dekat ini, terutama pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Nasional pada Oktober mendatang.

“Jika ada titik rawan dan berpotensi untuk Karhutla, maka secepatnya kita atasi bersama-sama untuk pencegahan lebih cepat,” tegasnya.

Sementara itu, Kasubdit Pemulihan Sarana BNPB Budhi Erwanto menyampaikan jika sinergitas ini didasari atas arahan dan instruksi dari Presiden Republik Indonesia.

“Hari ini kita melakukan sinkronisasi penyelenggaraan bantuan BNPB dalam bentuk pengadaan helikopter, ini merupakan tindak lanjut dari Inpres Nomor 3 Tahun 2020 tentang penanggulangan Karhutla,” ujar Budhi Erwanto. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar