Guna Kelancaran MTQ Nasional, Pemprov Kalsel Benahi Jalan dan Jembatan

Perbaikan jembatan Mandi Angin di Kabupaten Banjar

KBRN, Banjar : Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) terus menyiapkan sarana dan prasana pendukung persiapan tuan rumah MTQ Nasional ke 29 tahun 2022. 

Dalam pelaksanaan MTQ Nasional 2022 ada 12 venue yang disediakan. Tersebar di Kota Banjarbaru dan Banjarmasin serta Kabupaten Banjar. Untuk astaka atau panggung utama MTQ Nasional ke 29 ini terletak di Kiram Park, Kabupaten Banjar.

Untuk mendukung hal tersebut, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel terus menggenjot pembenahan jalan dan jembatan untuk mendukung kelancaran lalu lintas ke arena MTQ nantinya.

“Ada beberapa pekerjaan pada tahun 2022 ini kita laksanakan guna mendukung kegiatan MTQ Nasional ke-29, hal ini untuk memperlancar lalu lintas menuju lokasi MTQ,” kata Plt Kepala Dinas PUPR Kalsel, Ahmad Solhan melalui Kabid Bina Marga M Yasin Toyib (8/8/2022).

Perbaikan jalan tersebut meliput pertama jalan Gunung Kupang – Kiram sepanjang 5 km. Kemudian progres pembenahan jalan menuju astaka utama MTQ di Kiram Park hingga saat ini telah mencapai 77 persen.

Selanjutnya, perbaikan jalan Martapura Lama sudah mencapai 85 persen. Kemudian dilakukan penanganan atas titik-titik kerusakan di jalan Trikora Banjarbaru.

Sedangkan pembangunan jembatan Mandi Angin kini sudah mencapai 84 persen.

Jembatan ini dibangun dengan pagu Rp3,6 miliar ini nantinya memiliki bentang 20 meter dan lebar 6 meter. Dan terakhir pembangunan jembatan Aranaway di Desa Kiram Atas yang terdampak banjir tahun 2021 lalu. 

“Progresnya saat ini sudah 25 persen,” jelasnya.

Sedangkan, jembatan Aranaway dibangun dengan panjang 111,175 metet, lebar lalu lintas 6 Meter, dan trotoar 2 x 0,5 Meter.

“Diproyeksikan seluruh paket pekerjaan tersebut dapat disselesaikan pada Oktober 2022 mendatang tepat pada saat sebelum MTQ Nasional digelar,” kata Yasin. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar