FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Kalsel Dukung Indonesia's FOLU Net Sink 2030

KBRN, Banjarmasin : Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Indonesia terus bergerak meningkatkan upaya pengurangan emisi gas rumah kaca secara kolektif.

Keseriusan Pemerintah Indonesia ditunjukkan melalui sosialisasi Indonesia's FOLU Net Sink 2030 (IFNET 2030). 

Untuk tuan rumah region Kalimantan, di Universitas Lambung Mangkurat, Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (7/7/2022).

Plt Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kementerian LHK RI, Ruandha Agung Sugardiman, mengatakan, salah satu upaya nyata Kalsel mendukung program ini adalah telah berjalannya pengendalian kebakaran hutan dan meningkatkan tutupan lahan kritis lewat Revolusi Hijau.

"Mewakili institusi saya ucapkan terimakasih dan bangga kepada Kalsel, taman hutan tropis yang ada Kalsel adalah salah satu upaya nyata Indonesia bisa membangun hutan tropis kita lagi," katanya.

Sementara itu, Sekda Prov Kalsel Roy Rizali Anwar, menambahkan, agar program ini bisa tercapai sesuai target, Pemprov Kalsel, segera mengkaji soal program IFNET 2030. Selain itu menurutnya perlu ada dukungan semua pihak. 

"Hasil kajian dan sosialasi iniakan kita kaji dengan menyususn pedoman. Kalau kita lihat dari paparan pak Dirjen tadi butuh 200 triliun, mka perlu dukungan semua pihak," ujar sekda Roy.

Dalam rangkaian kegiatan Indonesia's FOLU Net Sink 2030 (IFNET 2030) ini, juga dilakukan penanaman 500 bibit pohon Ulin dan pelepasan satwa di kawasan kampus Universitas Lambung Mangkurat di Banjarbaru.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar