Turunkan Angka Pengangguran Melalui Program Pemagangan Dalam Negeri

Kepala Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan, Irfan Sayuti (tengah kanan) saat foto bersama pada kegiataan pembukaan Pemagangan Dalam Negeri tahun 2022, Kabupaten Tanah Laut,

KBRN, Banjarmasin : Untuk menurunkan angka pengangguran di Kalimantan Selatan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan program pemagangan dalam negeri tahun 2022.

Sejak tahun 2022, COVID-19 di Indonesia sudah mengalami penurunan sehingga sektor perekonomian sudah mengalami peningkatan kembali.

“Agar sektor perekonomian Kalsel terus meningkat, pemerintah melalui bidang ketenagakerjaan melakukan peningkatan kompetensi dengan melaksanakan program pemagangan dalam Negeri tahun 2022 ,” kata Kepala Dinas Kepala Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan, Irfan Sayuti di Kabupaten Tanah Laut.

Program ini merupakan kegiatan yang cukup strategis untuk peningkatan kompetensi, yang mana pembelajaran langsung dibuat oleh perusahaan sehingga sesuai dengan kebutuhan mereka.

Irfan berpesan kepada peserta yang mengikuti magang kali ini, agar bisa belajar dengan sungguh – sungguh, karena masih banyak masyarakat yang belum berkesempatan mengikuti program ini.

“Saat magang nanti kalian akan mendapatkan pengalaman di dunia kerja yang sesungguhnya,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelatihan, Produktivitas dan Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Kalsel, Wahyudin Noor menambahkan kegiatan ini dilakukan selama lima bulan.

“Satu bulan pertama untuk pelatihan di dalam kelas dan empat bukan berikutnya, mereka akan langsung terjun di perusahaan yang telah di tetapkan,” tuturnya.

Untuk tahun ini, jumlah peserta yang ikut sebanyak 250 peserta.

“240 peserta menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Indonesia (APBN), dan 10 peserta dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD),” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar