Gerak Cepat Pemkab Tala Tangani PMK Jelang Idul Adha

KBRN, Banjarmasin: Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Tala H Dahnial Kifli meminta dinas terkait dan seluruh pihak untuk bergerak cepat menangani wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, khususnya menjelang peringatan Hari Raya Idul Adha. 

"Saat ini PMK sudah menjadi wabah nasional. Kita harus bergerak cepat agar ternak-ternak di Tala bisa kita amankan dan terhindar dari penyebaran PMK yang lebih parah. Koordinasi antara dinas terkait, camat, lurah/kepala desa dan para penyuluh peternakan juga harus solid agar tau langkah-langkah yang harus dilakukan", ungkapnya.

Dirinya mengingatkan masyarakat untuk tetap tenang dan jangan termakan hoaks. Ia menekankan bahwa saat ini PMK hanya menyerang hewan ternak dan tidak mengancam kesehatan manusia.

"Masyarakat saya harap tetap tenang, jangan mudah termakan hoaks yang tidak bertanggung jawab. Para peternak juga saya minta untuk sering-sering konsultasi dengan penyuluh peternakan dan inseminator di kecamatan agar kesehatan hewan ternaknya bisa terpantau dan diberikan perawatan seandainya ada gejala PMK", pungkasnya.

Sampai saat ini kasus PMK di Tala telah ditemukan di wilayah Kecamatan Pelaihari, Kecamatan Batu Ampar, Kecamatan Panyipatan, Kecamatan Tambang Ulang, Kecamatan Bati-Bati dan Kecamatan Takisung. Program vaksinasi juga telah dilaksanakan pada tanggal 27 Juni s/d 29 Juni 2022.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar