Tingkatkan Kualitas UMKM Di Kalsel Melalui Pelatihan Produktivitas

Peserta pada pelatihan peningkatan produktivitas tahun 2022.

KBRN, Banjarmasin : Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kalsel melaksanakan pelatihan peningkatan produktivitas di tahun 2022. 

Pelatihan ini dilaksanakan selama lima hari sejak 20 hingga 24 Juni 2022 yang lalu secara gratis di Balai Latihan Kerja Provinsi Kalimantan Selatan.

“Pelatihan ini untuk meningkatkan kualitas dari UMKM tersebut,” ucap Kepala Disnakertrans Prov. Kalsel, Irfan Sayuti, Banjarmasin, Senin (27/6/2022).

Lanjut ia menjelaskan, untuk tahun ini peserta yang ikut sebanyak 50 peserta didominasi oleh kalangan milenial yang ingin mengembangkan usaha mereka salah satunya di bidang kuliner dan konveksi.

Pihaknya berharap dengan pelatihan ini dpaat memberikan masukan kepada para peserta untuk dapat meningkatkan nilai tambah usaha yang sudah dijalankan.

“Hingga bisa menyerap tenaga kerja untuk dapat berkontribusi meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kalsel,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelatihan, Produktivitas dan Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Kalsel, Wahyudin Noor menambahkan pada pelatihan tersebut peserta diberikan materi tentang manajemen usaha dan kerja. 

“Seperti manajemen produksi, efisien kerja hingga pemasaran,” katanya.

Secara teknis peserta selama pelatihan itu di bagi dua kelas. Masing-masing kelas diisi 25 orang yang kemudian dibagi 5 kelompok.

“Kemudia mereka mempresentasikan formulasi usaha dari materi yang disampaikan. Pasca pelatihan kita juga akan melakukan pendampingan dan evaluasi,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar