Kalsel Siaga Karhutla Dan Penyakit Mulut, Kuku Pada Ternak

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor

KBRN, Banjarbaru : Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan Apel Siaga Kathutla 2022 dan kesiapan penanganan penyakit mulut dan kuku, di halaman kantor Setda Prov, Banjarbaru, Senin (27/6/2022).

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, dalam sambutannya saat memimpin apel, menyampaikan, apel siaga ini sebagai langkah memantapkan sinergitas agar Kalsel bebas kabut asap Karhutla serta penyakit mulut dan kuku.

Diingatkan bahwa, bencana ini merupakan ancaman yang serius bagi kehidupan bersama dan hampir terjadi setiap tahun di banua.

"Apel ni adalah kasiapan kita agar cepat tanggap menghadapi,"kata Gubernur.

Sementara Kepala Bidang Penaggulangan Bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalsel, Syahruddin menyebutkan, sampai saat ini sudah ada tigakabupaten/kota yang ditetapkan berstatus siaga yakni Kabupaten Tapin, Barito Kuala dan Kota Banjarbaru.

“Kami masih menunggu daerah lain,” ujar Kepala Bidang Penanggulangan Bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalsel, Syahruddin kepada wartawan, usai pelaksanaan apel.

Pada kesempatan itu, selain dilakukan simulasi penanganan kebakaran lahan dan hutan, Gubernur Kalsel menerima bantuan vaksin PMK dari Kementerian Pertanian sebanyak 4.200 dosis, sekaligus melepas tim pengawas hewan kurban Provinsi Kalsel yang akan melaksanakan tugas pengawasan terhadap hewan kurban bersama dengan tim pengawas kabupaten/kota

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar