Tingkatkan Kesejahteraan Dan Derajat Kesehatan Masyarakat Melalui Jejaring Kabupaten/Kota Sehat

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Pertemuan jejaring Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Hotel berbintang Banjarmasin

KBRN, Banjarmasin : Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar pertemuan jejaring kabupaten/kota sehat Tingkat Provinsi Kalsel dalam rangka mengintegrasikan konsep kabupaten/kota sehat (KKS) dalam aspek perencanaan, penganggaran, dan pelaksanaan untuk meningkatkan kesejahteraan dan derajat kesehatan masyarakat.

Mewakili Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Nurul Ahdani mengatakan konsep KKS dianggap sebagai pendekatan komprehensif yang bertujuan untuk menjadikan lingkungan perkotaan yang lebih sehat. 

“Konsep KKS bertujuan untuk menanggulangi permasalahan kompleks yang ditimbulkan karena urbanisasi kepadatan penduduk seperti permasalahan sanitasi, transportasi, mobilisasi, permasalahan polusi, dan lain-lain,” kata Nurul di Banjarmasin.

Melalui pertemuan ini, diharapkan dapat menjadi forum saling berkoordinasi, berkomunikasi, bersinergi dan mengembangkan implementasi dalam memperkuat pelaksanaan kabupaten/kota sehat di Kalsel. 

“Sehingga dapat memotivasi bagi kabupaten/kota untuk terus melakukan pencapaian sesuai dengan prasyarat Stop Buang Air Besar Sembarangan/ Open Defecation Free (ODF). Minimal 80 persen Desa, Kelurahan ODF bagi daerah yang mengusulkan Swasti Saba Padapa. Minimal 90 persen Desa/Kelurahan ODF bagi daerah yang mengusulkan Swasti Saba Wiwerda. Minimal 100 persen Desa/Kelurahan ODF bagi daerah yang mengusulkan Swasti Saba Wistara,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga Suriani Agreini Sagoba mengatakan, program KKS merupakan program unggulan yang sudah menjadi agenda 2 (dua) tahunan Kementerian Kesehatan, program ini mencoba mengakomodasi dan mengkoordinasikan berbagai program di tingkat kabupaten/kota.

“Hubungan kemitraan antara pemerintah, masyarakat dan swasta merupakan jaringan yang dapat mendorong dalam memperlancar pelaksanaan pembangunan yang terintegrasi yang menggabungkan aspek fisik, sosial, budaya, perekonomian masyarakat dan aspek kesehatan,” katanya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dinas Kesehatan Kalsel, Bappeda Kalsel, Dinas PUPR Kalsel, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kalsel, Dinas Lingkungan Hidup Kalsel dan Pengelola Program Kabupaten/Kota Sehat Bappeda Kabupaten/ Kota se-Kalsel

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar