FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Diguyur Hujan Semalaman, Sejumlah Kecamatan di Tabalong Banjir

Seorang anggota Polisi membantu mendorong warga yang melintas menerjang banjir, dok ist

KBRN, Banjarmasin : Akibat Curah hujan yang tinggi sejumlah kecamatan di Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan terendam, Kamis (26/5/2022).

Kepala BPBD Tabalong Zainuudin mengatakan, kecamatan yang cukup terdampak yakni Kecamatan Upau dan Haruai juga Murung Pudak. Dengan ketinggian air bervariasi mulai dari 30 Cm hingga 50 cm.

Untuk akses jalan juga terdampak ada di batas Desa Wirang dengan Desa Marindi, sehingga sulit diakses roda dua  dan roda 4.

"Akibat hujan lebat sepanjang malam, jadi banjir, bahkan beberapa kecamatan terdampak," katanya, dikonfimasi, Kamis (26/5/2022) sore.

Sebagai antisipasi korban jiwa, BPBD dengan dibantu relawan telah menerjunkan perahu karet untuk membantu warga yang ingin melintas.

"Kita terjukan tim kelapangan untuk membantu para korban.

Sementara, kondisi terkhir Zainudin mengatakan, air banjir sudah berangsur angsur turun dan warga tetap bertahan dirumah untuk menjaga harta bendanya.

"Wilayah ini memang menjadi langganan jika didaerah pegunungan di guyur hujan lebat, jadi warga sudah biasa, karena air cepat surut," jelasnya.

Meski demikian, BPBD Tabalong tetap mengingtakan warga agar terus waspada terhadap banjir ini, salah satunya agar berhati-hati dengan parelatan elektronik tidak sampai terkena air hingga mnimbilkan konsleting listrik.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar